Universitas Pelita Harapan Tangerang, Desa Hutatinggi Lokus Penelitian Penerapan Konsep Community Based Tourism 

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Universitas Pelita Harapan (School of Hospitality and Tourism) Tangerang, lakukan kegiatan penelitian dengan menggelar Forum Group Diskusi terkait Penerapan Konsep Community Based Tourism dalam Pengelolaan Daya Tarik Wisata Berkelanjutan bertempat di Desa Huta Tinggi Kecamatan Pangururan, Senin (12/09/2022).

Forum Group Diskusi tersebut menghadirkan masyarakat Desa Hutatinggi, yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata.

Hasil penelitian Comunity Based Tourism nantinya akan dianalisa oleh Tim penyelanggara Kegiatan (UPH) dan hasilnya akan dipublikasi serta disampaikan sebagai bahan masukan bagi kemajuan kepariwisataan Desa secara umum dan Desa Hutatinggi secara khusus.

Tampak hadir dari instansi terkait Camat Pangururan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Pemerintah Desa Huta Tinggi.

Pada sambutannya Camat Pangururan mengatakan”, menyambut baik kegiatan FGD tersebut dan menyampaikan bahwa Pangururan adalah salah satu Key Tourism Area dikawasan Danau Toba, sekaligus Ibukota Samosir, yang memiliki peran strategis dalam pengembangan sektor pariwisata termasuk agrowisata”, ungkapnya.

Dengan masuknya Pangururan, yang memiliki 25 desa dan 3 kelurahan ini, akan menjadi salah satu kawasan pertumbuhan Pariwisata Nasional, maka peran serta keterlibatan masyarakat akan menjadi kata kunci,” ungkapnya.

“Pengembangan Pariwisata dan Pertanian berbasis komunitas masyarakat akan menjadi kunci dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan”.

Hal ini sejalan dengan Visi Pembangunan Daerah Kabupaten Samosir, dimana salah satu misinya adalah membangun kemandirian ekonomi berbasis pertanian, dan pariwisata berkelanjutan yang didukung infrastruktur dasar yg berkualitas, demikian Robintang Naibaho menjelaskan.

Karena itu Desa Hutatinggi harus bergeliat lagi dalam berinovasi dan kreatif menciptakan paket aktivitas yang nantinya berkolaborasi dari hasil pertanian/peternakan dengan pariwisata untuk menghasilkan ekonomi kreatif di Desa”, ujar Robintang Naibaho.

Ira B Hubner, salah satu Dosen Peneliti menyampaikan”, apresiasi adanya pergerakan masyarakat Desa di Samosir. Saya melihat geliat promosi yang luar biasa dilakukan oleh Desa-Desa di Samosir, termasuk Desa Wisata Hutatinggi di media website, Instagram dan media partner lainnya, sehingga dikenal dan sampai diketahui oleh saya selaku dosen Pariwisata di Universitas Pelita Harapan”, ujar Ira B. Hubner.

Semangat dan kreativitas dalam pembuatan paket wisata membuat saya dan tim ingin melihat langsung dilapangan bagaimana kelompok sadar wisata menjamu, menjual paket atraksi nya kepada wisatawan, ucapnya dengan antusias.

Harapannya semakin banyak lagi variasi paket wisata, kuliner, produk UMKM yang dihasilkan dari Desa Wisata Hutatinggi dan tentunya desa – desa lain di Kabupaten Samosir”, terangnya mengakhiri.(SS).