Perkuat Imun untuk Anak-Anak, Kadis Kesehatan Terbitkan Program BIAN

by

GEOSIAR.COM.MEDAN,- Dalam rangka meningkatkan imun pada anak-anak untuk masyarakat kota Medan, Kadis Kesehatan Kota Medan Dr.Taufik Ririansyah membuat program BIAN. BIAN adalah singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Nasional. Hal ini diungkapkan Taufik kepada Geosiar.com diruang kerjanya di Jalan Rotan Komplek Petisah, Senin (5/9/2022).

Taufik menambahkan, bahwa saat ini sedang dilaksanakan bulan pengejaran program BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) yang telah dimulai sejak dari tanggal 18 Mei 2022 dan akan berakhir sampai tanggal 13 September 2022.

Adapun program BIAN yang dilaksanakan di Dinas Kesehatan kota Medan adalah :
1. Vaksinasi Kejar, yaitu melengkapi imunisasi anak yang belum lengkao imunisasinya karena pandemi covid 19. Jenis vaksinnya adalah DPT-HB-HIB, Polio dan IPV. Sasaran vaksinasi kejar adalah anak-anak berusia 0-59 bulan (5 tahun).
Pencapaian vaksin OPV adalah 7,7 % dari sasaran 28.626 orang. Pencapaian vaksin IPV adalah 3,3 % dari sasaran 88.814 orang. Pencapaian vaksin DPT-HB-HIB adalah 16,6 % dari sasaran 16.314 orang.

2. Memberikan imunisasi tambahan pada anak usia 9 – < 15 tahun yaitu pemberian vaksin Campak dan Rubella (MR). Pencapaian vaksin MR adalah 42,7 % dari sasaran 487.828 orang.

Taufik menambahkan bahwa untuk vaksin Campak dan Rubella (MR) sudah keluar surat dari MUI ( Majelis Ulama Indonesia) yang menyatakan vaksin tersebut adalah Halal.

Kadis juga menghimbau kepada masyarakat umum agar segera membawa anak-anak mereka yang masih balita untuk segera di imunisasi secara lengkap vaksinasi DPT-HB-HIB, Polio dan IPV. Dan untuk anak-anak yang berumur 9 sampai kurang dari 15 tahun agar diberikan tambahan imunisasi berupa vaksin Campak atau MR (Measless Rubella). (Cw-1/red)