Kejari Samosir Gelar Sosialisasi Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Lingkungan Dinas P3APPKB 

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Kejaksaan Negeri Samosir gelar kegiatan Sosialisasi Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Lingkungan Dinas P3APPKB Kabupaten Samosir, di Aula Kantor Dinas P3APPKB Kabupaten Samosir, Selasa (06/09/2022).

Sosialisasi Penerangan dan Penyuluhan Hukum tersebut diikuti pimpinan dan seluruh staf Dinas P3APPKB beserta Koordinator Penyuluh KB/ Penyuluh KB se – Kabupaten Samosir.

Dalam sambutannya Kepala Dinas P3APPKB dr. Friska Situmorang mengungkapkan perasaannya,” bahwa sebuah kebanggaan bagi BKKBN Kabupaten Samosir dikunjungi langsung oleh pihak Kejaksaan Negeri Samosir,” jelasnya.

Kepala Seksi Intelijen, Tulus Yunus Abdi, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan, ” Kejaksaan hadir di kantor P3APPKB untuk memberikan penjelasan tentang pengenalan Kejaksaan dan Edukasi tentang Hukum kepada ± 50 peserta P3APPKB,” ungkapnya.

Jaksa Fungsional Edward Pasaribu,S.H., M.H sebagai narasumber menyampaikan materi pemaparan dengan judul ,” Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Perlindungan Perempuan dan Anak.

Didalam pemaparannya Bapak/Ibu P3APPKB diberikan edukasi tentang pengertian, proses pengenalan, ruang lingkup UU-PKDRT, bentuk – bentuk KDRT, Ancaman Hukuman dan Ketentuan Pidana KDRT. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan metode active learning bersama Bapak/Ibu P3APPKB.

Kegiatan penyuluhan dan penerangan hukum kepada Bapak/Ibu P3APPKB merupakan salah satu tugas dan fungsi kejaksaan dibidang intelijen dalam peningkatan kesadaran hukum masyarakat, yang bertujuan untuk memberikan pengenalan hukum dan memberikan edukasi mengenai Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Dijelaskan juga bahwa, “Tim Penerangan dan Penyuluhan Hukum” dibentuk melalui Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : KEP–001a/A/JA/01/2006 tanggal, 2 Januari 2006 tentang Pelaksanaan Penyuluhan dan Penerangan Hukum.

Pada kesempatan kesempatan tersebut, Kejaksaan Negeri Samosir juga memberikan cenderamata (souvenir) Penerangan dan Penyuluhan Hukum kepada Bapak/Ibu P3APPKB yang aktif menjawab dan bertanya selama kegiatan berlangsung.

Dengan adanya program Penerangan dan Penyuluhan Hukum di Kantor P3APPKB ini diharapkan masyarakat, melalui staff P3APPKB dapat mensosialisasikan dan memahami terkait masalah Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Perlindungan Anak.(SS).