Jembatan di Dusun Pondokpanjang, Sergai Rusak Parah, Bahayakan Pengguna Jalan.

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,’ Jembatan yang terletak di Dusun Pondokpanjang, Desa Kayu Besar, Kecamatan Bandarkhalifa, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) rusak parah. Kondisi tersebut mengancam pengguna jalan, pasalnya badan jembatan berlubang, tanpa tiang dan baut pengaman.

Selain berkarat, akibat lubang yang menganga di badan jembatan, setiap pengguna kendaraan harus menggunakan sistem buka tutup. Kondisi ini bisa menyebabkan antrean dan memperlambat arus lalu lintas.

Joner Nainggolan (52) kepada Geosiar.com, Senin (5/9/2022) mengatakan sudah lebih dua tahun jembatan tersebut rusak. Ia menyayangkan tidak ada tindakan perbaikan dari pemerintah atau dinas terkait.

“Pernah juga ada mobil terpersok di sini. Kalau mobil kecil paling bahaya. Naik sepeda motor juga harus pelan-pelan, biasanya kalau takut, pengendara sampe menggiring kendaraannya,” jelasnya.

Joner menambahkan, jembatan tersebut merupakan jalan utama antar kecamatan, bahkan dari Kabupaten Sergai ke Kabupaten Batubara. Pengangkutan hasil pertanian dan laut, yang mayoritas pekerjaan warga sekitar, menjadi terkendala akibat jembatan yang rusak.

Ditemui di lokasi, Kepala Desa Kayu Besar Oloan Sirait mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali mengajak warga swadaya untuk mengurangi kerusakan, seperti penambahan badan jembatan dari kayu hingga lempengan besi. Namun tetap saja rusak.

Bahkan menurutnya, sudah ada beberapa warga ataupun pengendara yang terjatuh ke bawah jembatan.

“Dari informasi yang saya peroleh, ada beberapa warga maupun pengguna jalan yang telah jatuh karena jembatan rusak ini,” ujarnya.

Saat ini, Sirait mengatakan hanya bisa berharap dan menunggu agar jembatan tersebut segera diperbaiki.

“Kita tinggal menunggu realisasi perbaikan dari provinsi, dengar-dengar kabarnya di bulan Oktober tahun ini akan diperbaiki,” tutupnya. (LS)