Dikukuhkan Sebagai PLBKS, Anggota DPR RI Hendrik Sitompul Bersyukur Terpilih dan Dipercayakan

by

GEOSIAR.COM, MEDAN,- Keuskupan Agung Medan, dalam hal ini, Gereja Katolik St Antonius Jalan Hayam Wuruk Medan, Sabtu (27/8) melantik atau mengkukuhkan  Pelayanan Luar Biasa Komuni Suci (PLBKS) Perdana pada, Anggota DPR RI Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM.

Pengkukuhan petugas dimaksud, untuk membantu imam dalam tugas utama di Misa Ekaristi yakni membagi hosti (roti tak beragi lambang tubuh Yesus Kristus) pada pribadi yang beroleh berhak.

Tugas perdana tersebut diberikan pada anggota DPR /MPR RI tersebut atas pertimbangan dedikasi kegereja katolikan.

Usai pengkukuhan, pada Minggu (28/8), di Misa Ekaristi, anggota Komisi VII DPR RI itu menjalankan tugasnya, Hosti pertama memberi kepada orangtua, istri dan anak anak.

“Puji Tuhan… Hosti pertama saya berikan kepada pribadi yang saya kasihi: mamak, istri dan anak-anak. Saya hari ini bertugas PLBKS Perdana di Gereja Katolik Hayam Wuruk Medan,” tulis anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI di akun terverifikasinya.

Bersamaan cuitan tersebut, pria yang baru dilantik menjadi Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat) itu mengunggah foto audiens menyambut komuni.

Yang pertama diberi pada Ny Binsar Sitompul / Ap Lumbantobing, ibunya dan disusul istri serta boru dan seorang anak.

Ode, putra sulungnya, tak berada di Medan karena studi pasca sarjana di institusi perminyakan global.

PLBKS dimaklumkan Kitab Hukum Kanonik. “Pelayan luar biasa komuni suci adalah akolit atau orang beriman lain yang ditugaskan sesuai ketentuan,” bunyi hukum tersebut.

Hendrik Sitompul, kepada Media Online geosiar.com, Minggu (4/9/2022) menjelaskan, aturan tersebut ejawantah dari Kongregasi untuk Ibadat dan Tata-Tertib Sakramen bekerja sama dengan Kongregasi untuk Ajaran Iman, sebagai bagian instruksi Redemptionis Sacramentum.

“Saya bersyukur terpilih dan dipercayakan,” pungkas Hendrik Sitompul singkat memutus pembicaraan, yang diakui sedang sibuk.(cno/oki)