Tujuh Pomparan Raja Lumbanbosi Pakpahan, Gelar Musyawarah Nasional I Di Kec. Onanrunggu 

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Tujuh Pomparan Raja Lumbanbosi Pakpahan yang ada diseluruh Dunia yaitu : Op. Joribatak, Op. Rajasingal, Op. Bunturaja, Op. Namorasoritaon, Op. Pulonagodang, Op. Parsuratan, dan Op. Portibiraja, bersatu dan kembali ke kampung halamannya, di Sosor Batu Desa Pakpahan Onanrunggu Samosir, dalam mendeklrasikan berdirinya Punguan Pomparan Raja Lumbanbosi Pakpahan Dohot Boru Sedunia disingkat PPRLP, Jumat (02/09/2022).

 

Hal itu terungkap dalam pembukaan Pembukaan Musyawarah Nasional I, Punguan Pomparan Lumbanbosi Pakpahan dohot Boruna Se -Dunia, yang berlangsung sejak Jumat 2 s/d Sabtu 3 September 2022, di Sosor Bosi Desa Pakpahan Kec. Onanrunggu Kab. Samosir.

 

Adapun yang menjadi tema Musbes Nasional I adalah, ” Dengan Semangat, Soliditas, Kebersamaan Dan Cinta Kasih Mari Kita Sukseskan Musyawarah Nasional I”.

Mayjen TNI (Purn) DR. (HC) Sumiharjo Pakpahan, P. H. D. DMS, salah satu yang dituakan di pomparan punguan Lumban Bosi Pakpahan, mengungkapkan bahwa tujuan dari Munas tersebut adalah,” memilih Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Lumbanbosi Pakpahan Dohot Boru Sedunia, yang akan memimpin selama Periode 2022 sampai 2027.

Adapun visinya adalah agar pomparan Raja Lumbanbosi Pakpahan dohot Boruna yang tersebar diseluruh NKRI dan Dunia ini ada wadah, ada parsatuan, ada yang menjadi sentral untuk mengatur kegiatan – kegiatan. Apakah itu kegiatan adat, edukasi dan sosial terhadap generasi muda yaitu silsilah – silsilah mulai lahirnya Toga Pakpahan sampai dengan keturunannya secara berjenjang supaya saling mengenal dan mengetahui adat istiadat budaya kita dan Nasional pada umumnya,” ungkap Sumiharjo Pakpahan.

Munas I Punguan Pomparan Lumban Bosi Pakpahan secara resmi dibuka oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom.

Pada sambutannya Bupati Samosir mengucapkan, ” Puji Syukur Kepada Tuhan, Selamat dan Sukses Munas Nasional I, Punguan Pomparan Lumbanbosi Pakpahan dohot Boruna Se -Dunia”, Sambut Bupati.

Tampak hadir juga Kasdim 0210 TU, Mayor Arh AS. Butar Butar, S.H, Kapolres Samosir, yang di wakili Kapolsek Nenggolan, Iptu Marlan Silalahi, anggota DPRD Taput, anggota DPRD Siantar, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda, Mahasiswa.(SS)