Gelar Pelatihan dan Simulasi Dalmas, Polres Samosir Siap Untuk Segala Kemungkinan Kontijensi

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Polres Samosir gelar pelatihan dan simulasi dalmas (Pengendalian Massa) di lapangan Mako Polres Samosir, Sabtu (03/09/2022).

Pelatihan dan simulasi dalmas (Pengendalian Massa) tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Samosir AKBP. Josua Tampubolon SH, MH, dengan instruktur kegiatan pelatihan dan simulasi, AKP Tito Juardi, IPTU Nandi Butar-Butar dan Briptu Egidium Silitonga.

Tampak hadir para PJU Polres Samosir, Waka Polres Samosir Kompol T.L Tobing SH, MH, Kabagren Kompol Walder Sidabutar, Kabag SDM Kompol Saut Panggabean SH, Kasat Intelkam Sahala Harahap SH, Kasat Lantas AKP Yuswanto SH, Kasat Narkoba IPTU Arif Suhadi SH, Kasat Samapta AKP Tito Juardi, Kasat Pol Air IPTU Hartono , Para Kapolsek Sejajran dan Personil Polres Samosir.

Pada arahannya usai pelatihan dan simulasi Kapolres Samosir mengatakan, “Anggota Dalmas diperlukan kerjasama tim, dalam gerakan Dalmas bukan gerakan perorangan tetapi merupakan kerjasama sebuah tim yang terbentuk dalam suatu formasi Dalmas”, tegasnya.

“Pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya dilapangan”, jelas Josua.

“Ini kita lakukan, mengikuti arahan pimpinan, agar kita siap dengan segala kondisi kontijensi, dan siap mengamankan kebijakan Pemerintah”, ungkapnya.

Diakhir arahanya, “Kegiatan latihan Dalmas ini dilaksanakan dalam rangka untuk melatih fisik dan meningkatkan kemampuan personil untuk mengatasi aksi unjuk rasa damai maupun pengendalian aksi massa yang anarkis secara profesional dan sesuai SOP serta humanis. Di lapangan nanti, jika memang ada nya unjukrasa, saya perintahkan, tidak ada 1 personil pun yang membawa ataupun menggunakan senjata api, jika ketahuan saya, akan saya tindak tegas. Karena masyarakat yang unjuk rasa, bukanlah musuh kita, kita jaga aspirasi mereka nantinya”, pungkasnya mengakhiri.(SS).