Wartawan Kecewa “Rumitnya” Birokrasi di Dinkes Medan, Begini Ceritanya…

by

GEOSIAR.COM, MEDAN,- Pada hari Kamis (01/9/2022) pagi jam 09.00 WIB, Patar dari Media Online Geosiar.com datang ke kantor Dinas Kesehatan kota Medan jalan Rotan Baru, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah dengan membawa surat tugas untuk wawancara/audiensi dengan Kepala Dinas atau Humas perihal vaksinasi covid 19 yang sudah dilaksanakan di kota Medan.

Namun, pada hari  Kamis (01/09/2022) pagi itu, Bapak Kepala Dinas Kesehatan dan para staffnya sedang mengadakan rapat kerja yang berlangsung hingga jam 12.00 WIB, Kemudian Patar mencoba mendatangi kantor Humas di lantai 2 sesuai arahan staff bagian loket umum.

“Biasanya kalau mau audiensi, harus ada surat pengantar dulu dari perusahaan tempat bapak yang ditujukan ke kantor Sekretariat. Nanti sekretariat akan mengarahkan ke Kabid yang membawahinya kemana bapak akan datang untuk audiensi. Kalau untuk audiensi perihal vaksinasi itu dibagian P2P,” ujar ibu Pucut staf Humas.

“Kebetulan saya ada bawa surat tugas dari kantor, apakah ini bisa saya gunakan’?, tanya Patar.

“Coba aja bapak langsung ke bagian P2P dan jumpai Kabidnya,” jawab ibu Pucut.

Kemudian Patar mendatangi kantor P2P dan konfirmasi mau jumpa Kabidnya melalui ibu Nisa, staff di kantor P2P.
“Maaf pak, ibu Kabidnya tidak ada ditempat. Apakah bapak sudah ada janji mau ketemuan?,” ujar ibu Nisa.

“Belum ada sih bu, hanya saya ada bawa surat tugas dari kantor mau audiensi ke Kantor Dinas Kesehatan kota Medan,” jawab Patar.

“Bapak harus buat surat pengantar dulu ke kantor sekretariat, kemudian dari sana bapak akan diarahkan ke Kabidnya, ujar ibu Nisa sama seperti ucapan ibu Pucut di atas.

Sore harinya Patar membawa surat pengantar dari kantor media Geosiar.com dan menyampaikannya ke kantor melalui loket umum dan dari loket umum surat tersebut diteruskan ke bagian sekretariat

Disini, Patar mulai kecewa dengan rumitnya birokrasi dan terkesan dirinya dibola bolain. Kenapa tidak, Patar disarankan dari loket umum untuk datang besok pagi.

Pada hari Jumat (02/9/2022) pagi jam 09.00 WIB, Patar kembali datang ke kantor Dinas Kesehatan kota Medan dan langsung ke kantor P2P untuk menjumpai Kabidnya perihal audiensi vaksinasi tersebut.

Tapi, ketika Patar datang menjumpai Kabid P2P Ibu Pocut di kantornya, mendadak ada rapat kerja dengan Kadis Kesehatan dari Provinsi Sumatera Utara sehingga tidak bisa audiensi dengan ibu Pocut sebagai Kabid P2P.

Walaupun Patar sudah memohon kepada ibu Pocut agar menyediakan waktu 5 menit saja untuk audiensi perihal vaksinasi, tetapi jawaban dari ibu Pocut, “ tidak bisa.”

“Kapan ada waktu ibu Pocut untuk audiensi dengan kami?”, tanya Patar
“Saya tidak tahu”, jawab ibu Pocut sambil pergi terburu-buru.

Patar mencoba mendatangi kantor sekretariat dan bertemu dengan ibu Lena, staff bagian sekretariat kantor Dinas Kesehatan kota Medan.

“Masih nunggu konfirmasi dari bagian sekretariat, nanti diinformasikan kepada bapak dan diarahkan kemana sesuai disposisi suratnya. Mungkin senin atau selasa baru ada konfirmasinya. Kalau belum ada konfirmasi dari kantor Dinas Kesehatan sampai dengan hari selasa, bapak boleh datang lagi kemari untuk menanyakannya.” ungkap ibu Lena.

Begitu sulitnya sistem birokrasi di kantor Dinas Kesehatan kota Medan hingga membuat Patar kecewa dengan sistem pelayanan informasi yang berlaku di kantor Pemerintahan ini, walaupun hanya untuk audiensi.(Cw1/red)