Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Samosir, Tingkatkan Pengetahuan  Keterampilan dan Kemampuan Petani Kopi

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Bupati Samosir Vandiko T. Gultom diwakili Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir DR. Tumiur Gultom, SP, MP. Hadir mewakili Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Lismawaty, SP, MM , Tovan Marhennata, SP, Agronomist dari Starbuck Coffee Farmer Center, Pegiat Kopi dari Kabupaten Samosir sekaligus pemilik merek dagang Kopi Pardosir Marulam Sinaga dan Petani Kopi yang bertempat di Desa Singkam Kecamatan Sianjurmula-mula, Kamis (01/09/2022).

Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir DR. Tumiur Gultom, SP, MP mengatakan pelaksanakan Bimbingan Teknis/ Sosialisasi Peremajaan Kopi Mendukung Desa Wisata di Desa Singkam Kecamatan Sianjur Mula-mula diikuti oleh Petani Kopi dari 4 Kelompok Tani dengan jumlah sebanyak 50 orang petani ini merupakan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Samosir dalam membantu masyarakat melaksanakan Peremajaan Kopi yang sudah tidak Produktif agar menjadi produktif kembali.

Bimbingan Teknis/ Sosialisasi yang telah dilaksanakan saat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan seluruh petani kopi agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Petani Kopi di Kabupaten Samosir. Kegiatan ini difasilitasi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Lismawaty, SP, MM mengatakan sebagai tindaklanjut dari Bimbingan Teknis/ Sosialisasi ini Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara akan memberikan bantuan berupa Bibit, Pupuk Organik dan Tanaman Pelindung Kopi Lamtoro kepada 4 Kelompok Tani yang mengusulkan yaitu Kelompok Tani Wanita Toho, Kelompok Tani Wanita Nauli, Kelompok Tani Wanita Kasih dari Desa Singkam Kecamatan Sianjurmulamula dan Kelompok Tani Maduma dari Desa Janji Martahan Kecamatan Harian.

Diakhir sambutannya Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir DR. Tumiur Gultom, SP, MP mengharapkan petani kopi dari setiap kelompok tani yang berada di Kabupaten Samosir agar saling berkoordinasi dengan penyuluh dan petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir. (SS)