Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Hendrik Sitompul, Hadiri Raker Komisi VII DPR RI Bersama Kemenperin

by

GEOSIAR.COM, JAKARTA,- Anggota DPR RI dari Komisi VII Drs Hendrik H Sitompul MM menghadiri Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri Perindustrian RI, bertempat di Ruang Rapat Komisi VII Gedung Nusantara I Lantai I, Senin (29/8/2022).

Raker yang dipimpin Ketua Komisi VII DPR RI Drs. Sugeng Suparwoto itu, mengenai Pembahasan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2021. Serta Laporan Hasil Pemeriksaan BPK, atas Laporan Keuangan Kemenperin Tahun 2021.

Dalam kesempatan itu, mengawali pembahasan Hendrik Sitompul mengapresiasi Kemenperin karena telah mendapatkan opini WTP selama 14 tahun berturut-turut.

Selanjutnya, Hendrik Sitompul mempertanyakan dari pemaparan, ditemukan realisasi anggaran pada agustus tahun 2022 sebesar 48,71 % dari target sebesar 60,49 % dengan realisasi paling sedikit di Dirjen Ilmate. “Mohon bisa disampaikan apa saja yang sudah direalisasikan dan apa saja yang belum direalisasikan dari target yang sudah ditetapkan,” tanya Hendrik.

Masih tanggapan dari Hendrik Sitompul, dirinya mempertanyakan terkait pencapaian kegiatan Ditjen IKMA, BPSDMI dan Pusat P3DN. “Mohon kami disampaikan data capaian kegiatan per provinsi,” kata Hendrik.

Melalui Rapat Kerja tersebut, kata Hendrik, disebutkan bahwa realisasi indikator ‘Efisiensi sumber daya industri dalam rangka peningkatan daya saing industri hijau’ belum dapat diperoleh.

“Apa saja kendalanya dan sejauh mana partisipasi para pelaku industri, sehingga dapat sama-sama kita temukan solusinya,” kata Hendrik.

Selanjutnya, Hendrik mengatakan, rencana penyelenggaraan pelatihan vokasi sistem 3 in 1. “Apa kriteria penentuan jenis/sektor pelatihan dan penentuan target peserta?

“Saya usulkan perlu ada penambahan jenis/sektor pelatihan dan target peserta terlebih khusus di kolom BDI Medan agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kebanyakan di Daerah Pemilihan,” tegas Hendrik, Legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut I meliputi Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi. (cno)