Resmi Dilantik, Pemkab Ajak Forwakum Sergai Bersinergi Awasi Penyelenggaraan Pemerintahan

by

 

GEOSIAR.COM, SERGAI,- Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) periode 2022-2024 resmi dilantik oleh Ketua Forwakum Sumatera Utara (Sumut) Aris Rinaldi Nasution SH didampingi Sekretaris Ansah Tarigan Amd dan Bendahara Reza Daeng di Pantai Pondok Permai, Sabtu (27/8/2022).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Bupati Sergai H Dharma Wijaya diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Henri Suharto, Ketua DPRD dr. M Riski Ramadhan Hasibuan, SH.,SE.,M.K.M, Kapolres Sergai AKBP Dr Ali Machfud SIK, MIK diwakili Kanit Tipikor Ipda E Sidauruk.

Selain itu, pelantikan ini juga dihadiri Kabag Hukum Pemkab Sergai Abdul Halim Sorimuda Harahap SH, Perwakilan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Forum Wartawan (Forwan) Perbaungan, Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI), para wartawan dari Sumut dan Sergai.

Ketua DPRD Sergai dr. M Riski Ramadhan menyampaikan kebanggaannya atas keberhasilan para wartawan Sergai mendirikan Forwakum yang pertama sekali dilantik di Sumut.

“Luar biasa, saya tadi mendengar Forwakum Sergai ini menjadi yang pertama dilantik di Sumut ini,” ucap dr. Riski.

Selain itu, Riski juga mengharapkan agar Forwakum tidak berhenti hanya sebatas seremoni, namun direalisasikan hingga aksi.

“Kiranya Forwakum jangan hanya berhenti di acara seremonial, namun harus ada action. Bukan hanya mengawal tapi melakukan pendampingan dari sisi hukum. Mari berkomitmen bersama, mulai dari pemerintahan, legislatif dan jurnalis untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Riski.

Sedangkan itu, Bupati Sergai melalui Staf Ahli Henri Suharto juga menyampaikan apresiasi atas pelantikan Forwakum Sergai.

Ia menekankan harapannya Forwakum Sergai dapat menjadi mitra Pemkab Sergai, dan bekerjasama sehingga penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik.

“Selamat kepada pengurus dan anggota Forwakum Sergai. Di Sergai terdapat 17 kecamatan, 243 desa kelurahan. Mari bekerjasama sehingga penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik terutama edukasi hukum kepada masyarakat. Kami tidak bisa maksimal kalau tidak ada bantuan dari semua pihak, termasuk Forwakum,” ujar Henri.

Di tempat yang sama, Kapolres Sergai melalui Kanit Tipikor Iptu E Sidauruk mengajak Forwakum Sergai ikut menyuarakan kebenaran hukum melalui pemberitaan sesuai fakta.

“Jurnalis memiliki kompetensi untuk menyuarakan kebenaran sesuai dengan fakta. Namun, pemberitaan perlu dilakukan cek fakta agar berita yang dihasilkan ada perimbangan. Sehingga kebenaran fakta dipahami masyarakat,” sebut Iptu E Sidauruk.

Ketua Forwakum Sergai terpilih Jhonni Sitompul S.Sos menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu hingga Forwakum Sergai dilantik.

“Terimakasih seluruh pihak yang membantu. Budi baik tentu akan berbuah baik. Kami siap bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di Sergai guna mewujudkan visi misi Forwakum,” tutup Jhonni.

Sejalan dengan itu, Ketua Forwakum Sumut Aris menyampaikan pesan agar Forwakum Sergai segera realisasikan program, bermitra dengan semua pemangku kepentingan guna menjalankan visi misi Forwakum.

“Selamat Forwakum Sergai. Jalankan program-program sesuai visi misi kita, ajak seluruh pemangku kepentingan di Sergai untuk bekerjasama,” sebut Aris.

Adapun kepengurusan Forwakum Sergai periode 2022-2024 yang dilantik Ketua Jhonni Sitompul S.Sos, Sekretaris Lambok Simbolon S.Si.,M.Sc dan Bendahara Rizky Rayanda. (LS)