Pelatihan Ulu Balang, Program Unggulan Partukkoan Adat Samosir Dalam Mendukung Pariwisata

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Lembaga Adat Kabupaten Samosir lakukan pelatihan Ulu Balang Partukkoan Adat Samosir dari 22 sampai dengan 25 Agustus 2022, sekaligus mengkukuhkannya, di Pantai Sipinggan Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, Kamis (22/8/2022).

Ketua Lembaga Adat Kabupaten Samosir Batahan Siringo Ringo mengatakan, ” bahwa kegiatan pelatihan Ulu Balang tersebut merupakan program unggulan Partukkoan Adat Samosir untuk membuat rasa nyaman dan aman terhadap wisatawan yang ada di Samosir, jelasnya.

Batahan juga menyampaikan,” ada 50 orang peserta pelatihan dengan materi yang disampaikan adalah pengetahuan tentang destinasi wisata yang ada di Samosir, pelatihan mossak, tortor Batak, Pertolongan Pertama Kecelakaan (P3K) dan kegiatan lain. Ulu balang tersebut tersebar pada 9 (sembilan) Kecamatan, dimana Ulu Balang akan berperan aktif untuk Pariwisata di Samosir, sehingga wisatawan nyaman dan aman, mereka akan dipandu Kepala Desa dan Pelaku Wisata serta pemangku adat didaerah masing – masing dan bertangungjawab langsung Kepada Ketua Lembaga Adat Kabupaten Samosir”, ungkapnya.

Batahan menambahkan bahwa pelatihan ini diharapkan akan diadakan 3 tahap. Dan kegiatan saat ini merupakan tahap pertama untuk calon Ulu Balang, hingga mereka menjadi Ulu Balang sampai Ulu Balang Kepala yang mapan dan menguasai Adat Istiadat Batak, dapat Berbahasa Inggris dan bertaraf nasional dan Internasional. Kita juga berencana akan mendaftarkan mereka ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi, sehingga pekerjaan tersebut menjadi Profesi bagi Ulu Balang”, tambahnya.

Terkait perselisihan yang ada di Desa – Desa misalnya persoalan tanah, perjudian, protitusi, Ulu Balang akan terlibat, dengan arti bukan menyelesaikan, namun menampung dan melaporkan masalah ke Lembaga Adat Kabupaten, dan Lembaga Adat Kabupaten akan turun menangani perselisihan tersebut”, pungkasnya Batahan Siringoringo.(SS)