Perkuat Diplomatik, Konjen Malaysia Sambangi Mapolrestabes Medan

by

GEOSIAR.COM, MEDAN,- Demi meningkatkan hubungan dengan Indonesia, Malaysia melalui Konjen di Medan terus berkomunikasi dengan pemerintah dan pihak swasta. Karena itu, hal itu pula Konjen Malaysia sambangi Mapolrestabes Jalan HM Said Medan, Kamis (18/8/2022).

Kedatangan Konjen Malaysia di Medan diterima Wakapolrestabes Medan sekaligus melaporkan kegiatan gowes dua Negara Malaysia Dan lndonesia.

Audiensi dipimpin Waka Polrestabes Medan AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan SlK, MSi.

Kegiatan dihadiri oleh Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP Arman Muis SH SIK MM, Kasat Intel AKBP Ahyan SSos MM, Kasat Samapta Kompol P Hutahean SH, SlK dan Wakasat Lantas Polrestabes Medan AKP Supendi.

Sedangkan perwakilan Konjen Malaysia, yakni ASP Ahmad Shair Bin Abdullah selaku Pegawai Perhubungan Polis Diraja Malaysia, Dzahar Perwakilan Imigrasi Malaysia di Medan dan Yusnita Yusof selaku Diputy Director Tourism Malaysia di Medan.

“Saya sampaikan kirim salam Bapak Direktur Intel kami tidak dapat hadir dalam kegiatan pertemuan kita ini kebetulan saya berasal dari satuan Intel dan begitu juga Konjend Malaysia seharusnya beliau akan hadir juga, namun ada terkendala kegiatan yang lain,” kata Wakapolrestabes Medan.

Konjen Malaysia ASP Ahmad Shair Bin Abdullah, selaku Pegawai Perhubungan Polis Diraja Malaysia, mengatakan dirinya hadir dalam pertemuan ini dalam rangka rencana kegiatan gowes dua negara dan permintaan keikutsertaan 10 orang personel Polrestabes Medan untuk terlibat dan mensukseskan kegiatan gowes dua negara.

Kata dia, seharusnya pada pertemuan ini akan serahkan jersey untuk peserta kegiatan gowes dua negara dari Polrestabes Medan, Namun sayangnya ada kendala dalam pengangkutan ekspedisi dan baru sampai sore ini dan akan diserahkan setelah barang sampai di Medan. “Kami bertiga ini baru ditugaskan di Kota Medan dan masih belajar untuk tata kelola selama tugas di Medan. Tugas pertama saya di Medan diperintahkan untuk menjalin komunikasi kepada semua institusi Polri yang ada di Medan termasuk Pol Airud, Brimob, Polrestabes Medan dan lain – lain. Saya membawahi wilayah Medan-Aceh sampai dengan Lampung,” ujarnya.

Dirinya juga bercerita, Pak Gusbu dan Wagubsu direncanakan akan hadir dalam kegiatan tersebut.

“Ke depan untuk dapat terjalin kolaborasi antara pihak Malaysia dengan kepolisian Porestabes Medan,” paparnya.

Sementara itu, Wakapolrestabes Medan AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan mengatakan seharusnya Kapolresbes Medan, namun beliau berhalangan karena mengikuti kegiatan yang lain. “Kami ditugaskan untuk menerima bapak dan ibu pada hari ini,” ucap AKBP Yudhi.

Dirinya harapkan ke depan terus mempererat hubungan kerjasama antara kepolisian Malaysia di Medan dengan Polrestabes Medan. “Kami mendukung pelaksanaan gowes dua negara yang akan dilaksanakan dan akan turut serta memeriahkan dalam kegiatan tersebut termasuk akan melaksanakan pengamanan kegiatan dan rute yang akan dilalui,” paparnya.

Diharapkan kepada Bapak Kabag Ops untuk mempersiapkan 10 orang personel yang akan ikut serta dalam kegiatan, namun jika diizinkan dipersiapkan lebih banyak untuk memeriahkan acara tersebut.

“Kalau ada keperluan dan bantuan yang lain dapat dikomunikasikan dan jadikanlah kantor kami menjadi rumah kedua bagi bapak dan ibu. Kegiatan dan aktivitas kami di Medan cukup padat, sering kami hanya tidur beberapa jam saja untuk tetap melakukan pengamanan itulah bentuk pengabdian kami kepada masyarakat,” jelasnya.

Sehingga, kalau ada permasalahan bisa berkomunikasi dengan pihaknya dapat melalui Kasat Intelkam Polrestabes Medan.

“Pak Kasat Intel nanti tolong agendakan nanti kunjungan balasan kita ke Konjen Malaysia,” pungkasnya.

Kegiatan selesai dilaksanakan, ditutup dengan pemberian cendramata kepada masing-masing pihak dan foto bersama, situasi aman. (red/rel)