Dinas Kelautan Perikanan Provsu bersama anggota DPRD Komisi B, Restocking Bibit Ikan dan Bantu Sampan di Samosir

by

GEOSIAR.COM, SAMOSIR,- Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Dinas Kelautan Perikanan Provsu bersama anggota DPRD Komisi B, yang telah melakukan penaburan bibit ikan mas dan nila serta menyalurkan bantuan 19 unit Sampan.

Bantuan bagi nelayan ini merupakan bukti sinergitas Pemkab Samosir dan Pemprovsu. Bantuan tersebut diterima secara simbolis oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, yang dihadiri Anggota Komisi B Fraksi Demokrat DPRD Provsu Tangkas Manimpan Lumbantobing, Anggota DPRD Samosir Parluhutan Samosir serta Kepala Bidang Dinas Kelautan Perikanan Provsu Yuliani Siregar di desa Sitinjak Kec. Onan runggu, Sabtu (13/8/2022).

Sinergitas dengan Pempropsu ini, tak luput dari perhatian Anggota Komisi B DPRDSU Takkas Maninpan Lumban Tobing yang telah memberikan dan mendengarkan aspirasi masyarakat Samosir.

“Luar biasa pak Takkas dalam membawa anggaran ke Samosir, selain bantuan ini juga berperan membawa anggaran dalam perbaikan jalan propinsi di Kabupaten Samosir,

Kabid Perikanan Tangkap Provsu Yuliani Siregar menjelaskan, bahwa restocking ikan merupakan upaya untuk pemulihan sumber daya yang ada di Danau Toba. Sebanyak 50 ribu bibit ikan ditabur dalam 2 lokasi di Desa Turpuk Limbong dan Onan Runggu. Selain itu, 19 unit Solu (3 unit sampan bermotor, 16 unit sampan dayung) diberikan kepada 12 kelompok nelayan di Kabupaten Samosir.

Diharapkan dengan restocking ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Danau Toba. Penyuluh perikanan yang ada di Kabupaten Samosir untuk membuat kartu KUSUKA bagi nelayan. Dengan kartu ini, para nelayan di Kabupaten Samosir dapat memperoleh sertifikat, dan menjadi dasar nelayan mendapat berbagai bantuan.

Anggota DPRDSU Takkas Manimpan Lumban Tobing mengutarakan, perhatian kepada masyarakat Kabupaten Samosir tidak terlepas dari komunikasi yang baik dengan Bupati Samosir. Bupati Samosir mau berkomunikasi, bersahabat dan rendah hati, bahkan sampai minta tolong demi mendapatkan bantuan demi pembangunan di Samosir. “Harapan saya, Pak Bupati tetap menjalin silaturahmi dan komunikasi, saya yakin Bupati Samosir mampu membangun dan menyejahterakan masyarakat Samosir”, ungkapnya.

Selanjutnya, Takkas berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dan disyukuri oleh masyarakat samosir. Kepada para perantau, Tangkas juga menyampaikan untuk bersama mendukung pembangunan yang ada di Kabupaten Samosir. “jauhkan egoisme guna mendukung pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat”, himbau Takkas. (SS)