5 Petugas Lapas Tebing Tinggi Ikuti Pengayoman Virtual Run Meriahkan HDKD 2022

by

GEOSIAR.COM, TEBING TINGGI,- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tebing Tinggi mengikuti Pengayoman Virtual Run 2022 pada hari ini Sabtu, 13/08/2022.

Pada Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) tahun 2022 Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Wilayah (Kanwil) Papua menggelar Pengayoman Virtual Run 2022 Sabang-Merauke, Miangas-Rote. Kegiatan ini dikemas melalui aplikasi yang dikenal dengan strava yang dapat di unduh di play store. Event ini merupakan ajang olahraga virtual pertama dalam rangka memperingati HUT Kementerian Hukum dan HAM RI ke 77 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2022. Pengayoman Virtual Run menargetkan lari dengan titik terbanyak direncanakan diikuti Peserta 1000 orang, yang melibatkan 33 Kantor Wilayah dan Satker baik Pemasyarakatan dan Imigrasi juga melibatkan Pos-pos Lintas Batas di seluruh Indonesia.

Pengayoman Virtual Run ini dilakukan dalam 2 (dua) kategori, yaitu 7,7 Km dan 19 Km. Untuk kategori jarak tempuh 7,7 Km dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2022 hari ini sedangkan untuk kategori 19Km pada periode tanggal 12 Agustus – 16 Agustus 2022.

Berpusat di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara (Kanwil Kemenkumham Sumut), kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Imam Suyudi dan turut dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Erwedi dan jajaran, Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono beserta jajaran serta diikuti oleh peserta virtual run.

Turut aktif berpatisipasi dalam event tersebut, sebanyak 5 orang petugas yang terdiri atas Aparatur Sipil Negara (ASN) angkatan 2017, 2020 dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lapas yang menjadi perwakilan Lapas Tebing Tinggi melakukan persiapan untuk mengaktifkan aplikasi Strava dan upload foto diri pada aplikasi. Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 wib dan titik keberangkatan peserta dimulai dari Lapas Tebing Tinggi. Petugas Lapas Tebing Tinggi yang mengikuti virtual run harus menyelesaikan misi lari mereka dengan jarak tempuh 7,7 km. Jiwa semangat dan membara tampak diraut wajah masing-masing peserta saat melaksanakan virtual run meskipun dengan keadaan suasana gerimis yang kurang mendukung lomba tersebut.

Pada kesempatan ini, Kepala Lembaga yang melalui Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Adm Kamtib) Hakim Sanjaya dan Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Keamanan Rudy Purba, yang juga turut andil dalam kegiatan Pengayoman Virtual Run. Hakim berpesan kepada peserta untuk dapat mengikuti virtual run ini dengan baik. “Saya harap kalian dapat mengikuti virtual run ini dengan baik. Jika ada kendala atau merasa lelah/sakit di tengah jalan, tolong jangan dipaksa. Lakukan sebisa kalian tanpa memaksakan diri karena itu dapat membahayakan kesehatan kalian” jelas beliau. Kegiatan berlangsung dengan sukses dan ditutup dengan foto bersama.(AS)