45 Juta Penghasilan Sebulan Jual AQUA,  Tinggalkan Pekerjaan Kantoran

by

GEOSIAR.COM, MEDAN,- Di sebuah ruko sederhana di Jalan Brigjend Katamso Kecamatan Medan Maimun Medan terlihat Syahbeni (48 tahun) pemilik AHS (AQUA Home Service) Keluarga sedang membantu anak buahnya mempersiapkan AQUA kemasan galon sebelum dikirim ke pelanggan. Syahbeni begitu teliti memperhatikan kebersihan dan keamanan produk sebelum sampai di tangan pelanggan.

“Bagi saya pelayanan yang baik dan cepat kepada pelanggan salah satu kunci sukses dalam pengelolaan AHS,” kata Syahbeni akrab dipanggil Beni ,Senin (8/8/20232).

AHS Keluarga yang diusahainya , awalnya dijalankan almarhumah ibunya tahun 2011.Waktu itu kami anak-anaknya sepulang kerja dari ikut membantu beliau mengangkat galon atau membantu pekerjaan lain. Kemudian November 2012 saat akan dipindahkan ke Palembang oleh perusahaan logistik tempat saya bekerja,Beni memutuskan untuk berhenti dan mulai sepenuhnya mengelola AHS Keluarga. Kini AHS telah menjadi milik saya sepenuhnya,” sebut Beni.

Perjalanan Beni bersama AHS Keluarga memang melewati perjuangan dan kerja keras. Ia selalu menyempatkan diri sejam sehari menyebarkan kartu nama atau flyer berisi keterangan tentang AHS Keluarga dan digantungnya di pagar-pagar rumah komplek sekitar Kecamatan Medan Maimun. Alhasil pelangganpun mulai meningkat secara bertahap.

“Pada saat mulai menjalankan AHS Keluarga kami hanya mampu mengambil 50 galon per bulan. Itupun tidak habis dalam sebulan. Namun seiring dengan peningkatan pelanggan kami mampu menjual 10.000 galon dalam sebulan,” ungkap. Beni.

Keuletan Beni ternyata membuahkan hasil menggembirakan. Dibantu 7 orang yang menangani pengantaran produk, 7 betor (becak motor) sebagai sarana pengantaran, dan seorang tenaga administrasi Beni mampu mengantongi penghasilan sekitar Rp.45 juta sebulan dari penjualan AQUA kemasan galon, botol, dan gelas. Itupun belum termasuk penjualan elpiji.

Bagaimana strategi Beni mengembangkan usaha AQUA ?. Prinsipnya adalah semangat,kerja keras,yakin. Setelah ikut membantu almarhumah ibu saya sekitar setahun , saya yakin usaha rumah tangga ini bisa dikembangkan dan menjadi sumber kehidupan saya dan keluarga”, ungkap Beni.

Strategi lain adalah kita mesti melayani konsumen dengan baik dan cepat.Taulah , yang kita layani mamak-mamak, jangan sampai mereka kecewa karena AQUA lambat diantar,ujar Beni.

Untuk ” jaga langganan “,Beni juga memberi “service” yang dimulai tahun 2021. Dalam setiap hari besar keagamaan, dia menyisihkan keuntungannya dengan memberi syrup.Tahun 2022 ini saya rubah mem beri “service'” air minum gelas, ungkap Beni.

Ini bukti bentuk pengembangan ekonomi masyarakat (economic development) yang dilakukan Danone-AQUA melalui program AHS (AQUA Home Service).

Program ini memberikan kesempatan kepada masyarakat terutama para ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa meninggalkan rumah.

Siapa tertarik ikut program ini ?. Tidak sulit, hanya perlu menyediakan tempat, modal tidak terlampau besar, tentu adanya keinginan menjual dan menyebarluaskan pola hidup sehat melalui air minuman mineral produk AQUA.

“Kami akan mempersiapkan sarana penjualan seperti papan nama, ambalan untuk penyusunan galon dan edukasi untuk dapat melayani pelanggan dengan baik,” kata Regional Sales Manager Danone-AQUA wilayah Sumatera Hendro Marpaung.

Kepedulian Danone-AQUA terhadap masyarakat melalui program AQUA Home Service bertujuan untuk menciptakan modal sosial dan kemandirian sosial.  Pelaksanaan program ini selalu menitik-beratkan pada peran aktif masyarakat.  Selain dapat memajukan ekonomi keluarga, AHS juga berperan penting dalam memenuhi kebutuhan air minum berkualitas masyarakat Indonesia dan memastikan produk asli sampai ke tangan konsumen.

“Para pengelola AHS dapat ikut mengalirkan kebaikan kepada masyarakat luas untuk selalu mengkonsumsi produk AQUA berasal sumber air yang terlindungi, mengandung mineral alami yang terjaga baik dan proses produksi yang aman dan higienis,” sebut Hendro Marpaung.

Dengan demikian visi Danone-AQUA “One Planet One Health” yang meyakini bahwa kesehatan bumi dan kesehatan masyarakat selalu memiiki keterkaitan dapat terwujud melalui suatu kolaborasi antara perusahaan dan masyarakat melalui program AHS untuk selalu fokus pada kesehatan dan pelestarian lingkungan.(red/AV)