Anggota DPR RI Saleh P Daulay Serahkan Santunan Kematian Jamsostek, 3 Ahli Waris Terima Rp 42 juta

by

GEOSIAR.COM, TAPSEL,- Ketua Kelompok Komisi (Kapoksi) Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga anggota Komisi IX DPR RI Dr. H. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag, M.Hum, M.A., disela-sela sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) di pelataran parkir pasar Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan, Rabu (3/8/2022) menyerahkan santunan kematian bagi peserta Jamsostek.

Amatan dilapangan, Saleh hadir bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Drs Parulian Nasution, MM sekitar pukul 15.30 WIB.

Penyerahan santunan masing-masing sebesar Rp 42 juta bagi 3 ahli waris, didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang Sidimpuan Dr Sanco Simanullang ST MT IPM ASEAN Eng disaksikan ratusan kaum ibu yang sejak siang menanti kehadiran Saleh Partaonan Daulay, pada reses Anggota DPR RI Dapil Sumut 2.

Penerima santunan tersebut antara lain Aidil Fitri Lestari (istri dari Alm. Rahman Sui), Tetti Herawati (istri dari Alm. Muslim), serta Kasma Juwita Siagian (istri dari Alm. Jonni Ritonga).

Ketiga almarhum semasa hidup bertugas di Desa Sorimanaon Kecamatan Angkola Muara Tais, Desa Kota Tua Kecamatan Tano Tombangan Angkola, dan Desa Muara Tais III Kecamatan Batang Angkola.

Ketiga ahli waris penerima santunan diwakili Kasma Juwita Siagian.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan karena telah memberikan santunan kematian ini dengan pelayanan yang cepat, ringkas dan ramah,” tutur Kasma dengan nada terbata dihadapan peserta reses.

Lantaran sudah jadi peserta Jamsostek, lantas pemberian santunan ini merupakan bentuk perhatian negara terhadap tenaga kerja yang meninggal dunia karena penghasilan keluarga terhenti akibat risiko tersebut.

Mereka merupakan petugas yang bekerja sebagai aparatur desa yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja.

“Ini bukti nyata kehadiran Jamsostek membantu keluarga waris,” terang Kepala Jamsostek Padang Sidimpuan Sanco Simanullang, sebagaimana keterangannya, Rabu.

Dengan iuran Rp 16.800 perbulan, peserta memperoleh Jaminan Kematian sebesar Rp 42 juta.

*Tingkatkan Kesejahteraan*

Sementara itu Saleh Partaonan Daulay menegaskan pentingnya kepesertaan Jamsostek bagi masyarakat Tabagsel, untuk meningkatkan kesejahteraan peserta dan keluarga.

Saleh, yang juga dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menerangkan 5 Program BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun serta Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

Kini, Saleh fokus kepada program Jamsostek, setelah sebelumnya juga menerangkan perjuangannya terhadap sejumlah program kerakyatan.

“Alhamdulilah, selama 8 tahun jadi Anggota DPR di Senayan, turut memperjuangkan program PKH, KUB, bedah rumah dan fasilitas kesehatan,” katanya.

Sedangkan dalam waktu dekat, Puskesmas Pintu Padang telah disetujui untuk ditingkatkan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Sudah disetujui pihak Kemenkes. Segera jadi RSUD. Ini semua agar masyarakat dari Batang Angkola, tidak perlu jauh jauh berobat ke Padang Sidimpuan, Mohon doa,” tutup Saleh.(red/rel)