Dikukuhkan Jadi Ketua Dewan Pakar, Hendrik Sitompul Siap Dorong ISKA Jadi Lokomotif Kehidupan Berbangsa

by

GEOSIAR.COM, JAKARTA,- Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Drs Hendrik H Sitompul, MM dikukuhkan menjadi Ketua Dewan Pakar Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia Periode 2022 – 2027 bersamaan dengan Pengukukuhan Ketua Umum Presidium Pusat ISKA terpilih Luky A Yusgiantoro, Minggu 31 Juli 2022, di Jakarta.

Pasaca dilantik, Hendrik Sitompul akan mendorong dan mengajak seluruh elemen ISKA agar dapat menjadikan ISKA sebagai lokomotif kehidupan berbangsa.

Hal ini disampaikan oleh Hendrik Sitompul menanggapi Orasi kebangsaan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang meminya agar ISKA menjadi lokomotif kehidupan berbangsa.

“Sebagai Ketua Dewan Pakar, tentu kami berkewajiban untuk menjadikan ISKA menjadi lebih baik salah satunya adalah menjadi lokomotif kehidupan berbangsa sebagaimana diminta oleh Menteri Koordinator Hukum Politik, Mahfud MD” Ujarnya kepada geosiar.com

Hendrik Sitompul menambahkan, bahwa salah satu cara untuk menjadikan ISKA sebagai lokomotif kehidupan berbangsa adalah dengan membentuk dan menumbuhkan watak peduli terhadap sesama.

“Salah satu caranya ISKA menjadi lokomotif kehidupan berbangsa adalag dengan membentuk dan menumbuhkan watak peduli sebagaimana sesama baik di ISKA sendiri maupuan seluruh masyarakat Indonesia” katanya.

Lanjut Hendrik, dalam periode pengurusan ISKA 2022-202 ada 4 prinsip sikap yang akan di konkretkan dalam bentuk bentuk program dan kegiatan yakni sikap menjunjung martabat manusia dan kesetaraan; organisasi yang terbuka untuk dialog dan dinamika kehidupan berbangsa; prinsip melayani; dan senantiasa menjadi inspirasi dan harapan bagi negara dan gereja.

“4 Prinsip itu akan kita konkretkan dalam program dan kegiatan ISKA kedepan, dan kami yakin dengan 4 prinsip itu, ISKA dapat menjadi lokomotif kehidupan berbangsa yang aman, damai dan toleran.” Ujar Hendrik

Acara pengukuhan diawali dengan Misa Suci yang dibawakan oleh Kardinal MGR Ignatius Suharyo didampingi konslebaran Widyarsono SJ dan dosen teologi dogmatik Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara Romo Andreas B Atawolo OFM.

Pengukuhan Dewan Pakar dan Dewan Presidium Pusat ISKA yang baru merupakan hasil dari Munas ISKA di Bali, Mei 2022 yang lalu yang memilih Luky A Yusgiantoro sebagai Ketua secara aklamasi.

Luky A Yusgiantoro mengantikan Ketua PP ISKA periode 2017-2022, Vincentius Hargo Mandirahardjo, sementara itu Hendrik Sitompul menggantikan Mulyawan Margadana sebagai Ketua Dewan Pakar.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang menyampaikan orasi kebangsaan dan juga undangan dari berbagai elemen sejumlah pemimpin organisasi massa Katolik serta beberapa cendekiawan Islam, Protestan, dan Hindu, profesional, akademisi, pelaku bisnis, dan pejabat lembaga negara terkait.(red)