Lapas Tebing Tinggi Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Donor Darah

by

GEOSIAR.COM, TEBING TINGGI,- Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke 77 tahun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tebing Tinggi menggelar aksi donor darah. Ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terhadap masyarakat terutama bagi yang sedang membutuhkan stok darah.

Bahkan, giat tersebut juga selaras dengan tema yang diangkat, yakni ‘Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkum-HAM Semakin Pasti dan Berakhlak’.

Giat sosial tersebut digelar di Kantor Lapas Kelas IIB Tebing Tinggi pada hari ini Kamis, 28/07/2022 pada pukul 10.00 wib dijalan Pusara Pejuang Rambung sampai selesai. Kegiatan ini bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi.

Peserta terlebih dulu mengisi formulir pendaftaran, screening test serta dilanjutkan dengan pengambilan darah dari pendonor. Kriteria yang dapat diambil darahnya berdasarkan nilai hemoglobin, tekanan darah, dan kondisi kesehatan.

Plh Kepala Lembaga Pemasyarakatan,Leo Pandjaitan didampingi Halim, Ziko dan Rudy mengatakan puluhan peserta yang mendaftarkan donor darah yang berasal dari pegawai Lapas dan warga binaan.

Hasil dari donor darah, terkumpul sejumlah 25 kantong darah, yang terdiri dari golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB dan golongan darah O. Namun sisanya tidak bisa didapat akibat tidak memenuhi syarat. Kegiatan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Leo juga mengatakan selain dalam rangka memperingati HDKD Ke-77 Tahun 2022 kegiatan donor darah digelar sebagai wujud rasa syukur masih diberikan kelancaran selama bertugas dan untuk kemanusiaan dengan harapan darah yang sudah didonorkan dapat membantu memenuhi kebutuhan darah di RSUD Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi.

“Donor darah ini juga sebagai wujud rasa syukur kita masih diberikan kelancaran selama bertugas dan berguna untuk kemanusiaan, semoga aksi kami menggelar donor darah ini dapat membantu stok darah di RSUD Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi” tutupnya.(AS)