Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Sei Bamban, 1 Warga Tewas Tertimpa Pohon

by

GEOSIAR.COM, SERGAI,-Hujan lebat disertai angin kencang melanda  pemukiman warga yang berada di Sei Bamban, Kab Serdang Bedagai, Rabu (27/7/2022) sore sekitar pukul 17.30 WIB.

Akibatnya, puluhan rumah  di beberapa Desa di Kecamatan Sei Bamban Serdangbedagai (Sergai) luluh lantak.

Hingga saat ini belum diketahui jumlah secara pasti, namun berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa banyak rumah di Dusun Kampung Samben, Desa Sei Bamban, yang hancur diterjang angin puting beliung.

“Banyak yang kena, rumah tetanggaku aja hancur”, kata Pujianto salah seorang warga Kampung Samben saat dihubungi melalui seluler.

Bencana angin puting beliung ini dibenarkan oleh Kepala Desa Sei Bamban Fadli Lubis saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (28/7/2022) melalui teleponnya.

Namun menurut Fadli Lubis, belum diketahui jumlah pasti rumah yang diterjang angin puting beliung.

“Masih didata oleh Kepala Dusun, tapi untuk Dusun Kampung Jati aja ada sekitar 50 rumah itu bang”, jawabnya.

Selain di Desa Sei Bamban, dua puluhan rumah di Dusun 1 Suka Tani, Desa Sukadamai, kecamatan yang sama, juga terkena angin puting beliung, seperti yang dikatakan salah seorang warga Endang Wahyudi warga Desa Sukadamai saat dihubungi perseluler.

“Iya benar, di Sukatani ada 25 rumah yang kena itu”. kata Endang.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui secara pasti berapa rumah di Kecamatan Sei Bamban yang rusak diterjang angin puting beliung.

Camat Sei Bamban Richard Nainggolan kepada Geosiar.com mengatakan, bahkan ada seorang warga Junaidi (65) tahun tewas akibat ditimpa pohon, saat ini disemayamkan di rumahnya di dusun XI, Desa Sukadamai. Menurut warga akibat tertimpa pohon, saat pengrajin batu bata itu, hendak menutupi batu bata yang baru dicetak dengan plastik hitam, namun tiba tiba dahan pohon jenis bira bira patah dan menimpa korban.(LS)