Keterlibatan TNI Terkait Kasus Kematian Brigadir J Hutabarat, PMPHI : Tidak Ada Kaitan dengan Politik

by

GEOSIAR.COM, MEDAN,- Korwil Pusat Monitoring Politik Hukum Indonesia (PMPHI) Sumut Drs Gandi Parapat mengatakan, dirinya mengucapkan banyak terimakasih kepada TNI, terkait kasus kematian Brigadir Josua Hutabarat. “Kami berterima kasih kepada TNI melalui PANGLIMA Andika Perkasa yang konsisten menjaga Bangsa dan Negara, semua masyarakat akan bangga kepada TNI yang konsisten memegang Teguh Sapta marga dan sumpah prajurit. Terkait kasus kematian Brigadir Josua Hutabarat,” kata Gandi Parapat kepada wartawan ketika dimintai komentarnya, Minggu (24/7/2022).

Untuk itu, lanjut Gandi, rasanya tidak pantas bila dibandingkan antara ketegasan Panglima dan Kapolri dalam menindak anggotanya, karena semua terkait dengan hukum dan UU yang berlaku pada organisasi masing-masing.

“Kami menilai KAPOLRI bekerja serius termasuk menuntaskan kasus anggotannya Josua Hutabarat yang mati ditembak anggotanya yang menimbulkan kecurigaan semua pihak terutama Presiden Jokowi, pasti Kapolri akan mengungkap kasus ini dengan terang dan jelas,” tegas Gandi.

Selain itu, lanjutnya, kehadiran TNI memberikan perhatian serius terhadap kasus tersebut adalah untuk membatu menjernihkan keadaan, sehingga wajar kiranya hal tersebut disambut baik terutama keluarga besar Josua Hutabarat.

Pemeriksaan autopsi ulang, mayat Josua Hutabarat adalah suatu syarat untuk menentukan penyebab kematian seseorang, dan kehadiran TNI disini adalah sebagai pihak netral untuk membantu masyarakat dan Polri mengungkap yang belum terungkap. “Karena masyarakat tidak yakin kebenaran Forensik yang dibuat oleh Polri terkait kematian Josua Hutabarat dikebumikan,” tambahnya.

Jadi, lanjut Gandi, Kapolri tidak perlu risau terkait keterlibatan TNI dalam pemeriksaan forensik terhadap mayat Josua. Kerjasama Panglima dan Kapolri untuk menciptakan keamanan dan mencari kebenaran dalam masalah kematian Josua Hutabarat harus didukung semua pihak. Tidak perlu dibanding bandingkan, dan Kapolri harus mengetahui tidak semua anggotanya jujur dalam melakukan penyelidikan terhadap kasus kematian Yosua. dan masalah ini tidak berkaitan dengan masalah politik.

“Karena kami yakin Andika Perkasa murni melaksanakan tugas TNI sebagai Perekat Bangsa dan Negara demikian juga seluruh jajarannya. Kami berpesan dan berharap kepada seluruh jajaran TNI dan POLRI agar tetap menjaga keutuhan bangsa dan negara,” pungkas Gandi.(red)