6 Manfaat Limbah Kayu Menjadi Sumber Penghasilan

by

Geosiar.com-Indonesia memiliki begitu banyak smber daya alam yang memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah hasil hutan berupa kayu. Kayu banyak dimanfaatkan sebagai kayu konstruksi bangunan, kayu lapis, furniture, lantai, bantalan kereta api, moulding, alat music, alat olahraga, alat tulis, tiang listrik, seni, dan banyak lagi.

Kata kayu merupakan kata yang sudah biasa kita dengar. Kegunaannya yang sangat beragam dan keberadaannya yang ada dimana saja, kayu menjadi salah satu bahan yang belum tergantikan. Namun, dibalik eksistensi kayu tersebut ada hal yang belum banyak diketahui. Industri kayu menghasilkan lebih kurang 50 limbah kayu dan belum banyak dimanfaatkan. Hampir setengah dari kayu bulat yang diolah menjadi kayu gergajian dibuang begitu saja atau hanya dijadikan pupuk organic.

Keberadaan limbah kayu dapat menjadi peluang usaha bagi banyak orang. Selain bahan baku yang melimpah, limbah kayu yang tersebar dibanyak tempat dan harganya yang sangat terjangkau sangat menarik untuk dijadikan usaha. Untuk mengolah limbah kayu ini, anda tidak perlu keahlian khusus dan profesi khusus.

Selain hal diatas, produk berbahan dasar kayu memiliki kelebihan diantaranya kuat dan tahan lama, tahan dalam berbagai cuaca, memiliki permukaan yang indah, mudah dibentuk dan lainnya. Hl ini menjadikan limbah kayu dapat dijadikan kerajinan tangan oleh tangan-tangan kreatif. Contohnya adalah lukisan tiga dimensi, jam tangan, kandang burung dan ternak lainnya, miniature kayu.

Produk dari limbah kayu dapat bernilai hampir setara dengan harga produk kayu asli. Melalui bermacam proses limbah kayu dapat dijadikan sebagai produk turunan kayu seperti:

1.  Papan partikel

Papan Partikel adalah suatu jenis kayu olahan yang terbuat dari campuran keingan kayu (wood chips) yang dicampur dengan perekat kemudian diberi tekanan panas (hot press) dan memenuhi standard yang sesuai sehingga menjadi lembaran panel kayu.

2. Papan serat

Papan serat adalah sebuah panel yang dihasilkan melalui proses penge-press-an serat kayu atau bahan berlignoselulosa lainnya yang diikat dengan perekat dan memenuhi standard yang berlaku.

3. Papan blockboard

Papan blockboard adalah salah satu produk olahan kayu yang dibuat dengan cara memadatkan (press) kayu dan kemudian diberi lapisan sehingga menyerupai papan.

4. Oriented Strand Board (OSB)

OSB atau Oriented Strand Board merupakan papan dengan kekuatan tinggi yang dibuat dari partikel atau strand kayu, disusun sedemikian rupa dan direkatkan dengan tekanan sehingga berbentuk strand.

5. medium density fibreboard (MDF)

Medium Density Fibreboard atau MDF adalah kayu dengan ukuran 1220mm x 2440 mm dengan tebal 3-12 mm yang berasal dari pemadatan serpihan kayu.

6. High Density Fibreboard (HDF)

High Density Fibreboard (HDF) merupakan papan yang dibuat dari campuran serbuk halus kayu lunak dank eras kemudian diberi tekanan panas (hot press)