Vitamin Ini Penting untuk Menjaga Kuku Tetap Kuat dan Sehat

by
Vitamin dan mineral Ini Penting untuk Menjaga Kuku Anda Kuat dan Sehat, Yuk di Cek

GEOSIAR.COM – Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga kuku tetap kuat dan sehat. Kondisi kuku dan rambut dapat menjadi gambaran tentang kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan. Jika kuku atau rambut rapuh, kering, terkelupas, patah atau tidak berkilau, itu artinya Anda kekurangan beberapa nutrisi penting.

Misalnya deretan vitamin dan mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan dan kekuatan kuku. Kuku kering dan pecah-pecah bisa menjadi tanda tubuh kekurangan kalsium, biotin dan nutrisi penting lainnya.

Dermatologis Kosmetik & Ahli Bedah Kulit dari The Esthetic Clinics – Dr Rinky Kapoor mengatakan ada beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk merawat pertumbuhan kuku.

Baca JugaWanita Tak Lagi Wajib Berhijab di Arab Saudi, Potongan Rambut Pendek Jadi Tren

Dikutip dari laman Hindustan Times, berikut deretan vitamin dan mineral yang penting untuk kuku dan rambut.

  • Biotin

Biotin atau B7 adalah nutrisi penting untuk kesehatan kuku. Asupan biotin mampu mencegah kerapuhan dan meningkatkan pertumbuhan kuku. Dapatkan biotin dalam daging, kuning telur, produk susu, ragi, ikan, alpukat, ubi jalar, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • Vitamin C

Vitamin C adalah bahan pembangun yang dapat membuat kuku kokoh. Buah jeruk, paprika, tomat, brokoli, sayuran hijau adalah sumber vitamin C yang baik.

  • Omega 3

Asam lemak omega 3 terutama yang terdapat dalam minyak ikan dapat menambah kekuatan kuku dan membuat kuku lebih berkilau. Omega 3 dapat ditemukan di kenari, kedelai, dan telur.

  • Vitamin B12 dan B9

Kekurangan vitamin B12 dan B9 dapat menyebabkan kuku biru dan bergaris. Vitamin tersebut dapat ditemukan dalam buah jeruk, sayuran hijau tua, lentil, kacang polong, kacang-kacangan, daging, sereal sarapan, dan kubis brussel.

  • Vitamin A

Vitamin A merupakan vitamin yang juga dapat mendukung kesehatan kuku. Dapatkan vitamin esensial dalam wortel, hati, dan bayam.

  • Seng

Seng dibutuhkan untuk replikasi sel-sel kuku dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Tiram, sereal sarapan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, merupakan sumber seng yang baik.

  • Besi

Besi meningkatkan kesehatan kuku dan mencegah tonjolan. Sertakan sayuran berdaun hijau tua, daging sapi, ayam, telur, sayuran, kacang tanah, kacang-kacangan, buah-buahan dalam diet untuk memerangi kekurangan zat besi.

  • Magnesium

Magnesium membantu mencegah tonjolan di kuku dan pembentukan kuku baru. Kekurangan magnesium dapat diperbaiki dengan konsumsi biji-bijian seperti gandum utuh, quinoa, dan almond, kacang mete, kacang tanah, kacang hitam dalam diet harian.

(geosiar.com)

Baca JugaCegah PMK, Tim Satgas Pengobatan PMK dan Dinas Kesehatan Sergai Akan Lakukan Vaksinasi Hewan Ternak