Gotabaya Rajapaksa Berhasil Kabur ke Maldives

by
Gotabaya Rajapaksa Berhasil Kabur ke Maldives
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa disebut sudah menandatangani surat pengunduran diri yang akan diserahkan kepada Ketua Parlemen pada Rabu (13/7). (AP)

GEOSIAR.COM – Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dikabarkan berhasil kabur meninggalkan negaranya ke Maldives dengan pesawat militer jenis Antonov-32.

Mengutip AFP, seorang pejabat imigrasi mengatakan Gotabaya berhasil meninggalkan Sri Lanka bersama istri dan seorang pengawalnya. Mereka terbang dari bandara internasional utama yang ada di Sri Lanka.

Sebelumnya, Gotabaya sempat ingin kabur meninggalkan negaranya yang bangkrut lewat jalur laut. Rencana itu telah didiskusikan oleh pihak militer.

Baca Juga :  Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Resmi Mengundurkan Diri Rabu

Apabila itu tak bisa terlaksana, ada opsi lain yakni lewat jalur udara dengan tujuan negara tetangga terlebih dahulu.

“Dia [Gotabaya] akan pergi ke Maldives atau India dan terbang ke Dubai,” ujar salah satu pejabat Kementerian Pertahanan Sri Lanka dikutip AFP pada Selasa (12/7).

Saat ini Sri Lanka mengalami bangkrut. Pada April lalu, pemerintah Sri Lanka gagal membayar utang luar negeri sebesar US$15 miliar atau sekitar Rp764 triliun.

Baca Juga :  Sri Lanka Blokir Media Sosial Imbas Krisis Ekonomi hingga Kerusuhan

Krisis ekonomi terjadi hingga membuat gejolak di masyarakat. Banyak harga barang naik, terutama barang impor, dan bahan bakar minyak (BBM) kian hari, kian langka.

Masyarakat setempat lantas menggelar protes menuntut presiden dan perdana menteri mundur. Mereka bahkan merangsek ke istana presiden dan perdana menteri di Sri Lanka.

(geosiar.com)

Baca JugaKadivpas Kanwil Kumham Sumut Buka Workshop Bagi Petugas Rupbasan Dibidang Penilaian Lingkup Pengelolaan Basan Baran

Baca JugaHendrik Sitompul Hadiri RDP dengan BPH Migas, Komisi VII Desak Tingkatkan Pengawasan & Evaluasi Agar Tidak Terjadi Pencurian BBM Subsidi