MoTC Izinkan Penggantian 8 ABK WNI Melalui Pelabuhan Taiwan

by
MoTC Izinkan Penggantian 8 ABK WNI Melalui Pelabuhan Taiwan

GEOSIAR.COM – KDEI Taipei telah menerima surat dari Maritime and Port Bureau, Ministry of Transportation and Communication (MoTC) yang mengijinkan proses penggantian 8 ABK WNI (crew change) melalui pelabuhan di Taiwan. Selama ini, Otoritas Taiwan menutup pelabuhannya untuk proses penggantian awak kapal untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sebelumnya beredar informasi mengenai 8 ABK WNI MV Jiang Ye yang stranded dan tidak dibayar gaji selama 6 bulan di pelabuhan Taiwan.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kab.Samosir, Sorta E. Siahaan Mengambil Sumpah Janji PAW Anggota DPRD Samosir Siska Ambarita Masa Bakti 2019-2024

“Menindaklanjuti informasi tersebut, KDEI Taipei segera berkoordinasi dengan MoTC untuk meminta ijin penggantian ABK dan mendorong tanggung jawab pemilik kapal untuk memenuhi hak gaji para ABK WNI tersebut dan segera menyediakan ABK pengganti. KDEI juga terus menjalin komunikasi dengan para ABK untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik,” demikian pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Indonesia seperti dikutip dari laman kemlu.go.id, Selasa (12/7).

Baca Juga :  Sat Reskrim Polrestabes Medan Bersama Dit Krimum Polda Sumut Tangkap 5 Pelaku Geng Motor Lukai Korban

Selanjutnya KDEI berkoordinasi dengan Kemlu, Kemnaker dan BP2MI terus memastikan langkah repatriasi dan pemenuhan hak hak ketenagakerjaan para ABK sekaligus meminta pertanggungjawaban pihak-pihak yang memberangkatkan. I-1

(geosiar.com)

Baca Juga Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan Dan Deradikalisasi BNPT Kunjungi WBP Terorisme Di Lapas I Medan