Pelajar Wajib Tahu, 5 Cara Mendapatkan Nilai Tinggi di Sekolah

by
Pelajar Wajib Tahu, 5 Cara Mendapatkan Nilai Tinggi di Sekolah

GEOSIAR.COM – Setiap siswa tentu ingin mendapatkan nilai tinggi atau bagus selama sekolah agar bisa membuat orang tua bangga sekaligus untuk menunjukkan bahwa ia bertanggung jawab atas pendidikannya.

Namun, adanya proses mencari nilai ini terkadang cukup kompetitif sehingga siswa yang pasif kurang dapat kesempatan untuk ikut berpartisipasi mendapatkan nilai keaktifan di kelas.

Apa pun hasilnya nanti, kamu tidak perlu merasa minder dengan pencapaian teman apabila kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, sebab memang kemampuan seseorang dalam berpikir itu berbeda satu dengan yang lain.

Namun, untuk meminimalisir hal tersebut, kamu bisa melakukan 5 tips untuk mendapat nilai yang bagus saat di sekolah berikut ini.

5. Berani mencoba untuk aktif di kelas

Seperti yang dijelaskan tadi, siswa yang pasif akan kurang mendapat kesempatan untuk berpartisipasi di kelas karena kalah cepat dengan siswa yang aktif. Oleh karena itu, apabila kamu menjadi salah satu siswa yang pasif, maka kamu perlu strategi dan berani mencoba untuk aktif di kelas.

Misalnya mencatat pertanyaan sebelum bertanya, memahami penjelasan guru sehingga bisa menjawab pertanyaannya, dan lain sebagainya. Bagi siswa yang sudah aktif, kamu perlu mempertahankannya.

Baca JugaChico Aura Akhiri Puasa Gelar 8 Tahun di Malaysia Masters

4. Memperhatikan guru dan mencatat poin penting saat di kelas

Hal ini penting agar kamu bisa menguasai materi dengan baik dan memudahkan proses belajarmu saat di rumah. Sehingga saat ujian nanti kamu tidak perlu berpikir keras untuk menghafal semua materi karena kamu sudah tahu mana saja poin-poin pentingnya.

3. Belajar dengan tekun sebelum ujian

Apabila kamu merasa kurang nilai keaktifan saat di kelas, maka kamu harus membalasnya saat ujian agar bisa mendapatkan nilai yang bagus. Oleh karena itu, kamu perlu belajar dengan tekun dan bersungguh-sungguh agar bisa mengerjakan ujian dengan lancar.

2. Mengerjakan tugas dengan maksimal

Selain ujian, nilai dari pemberian tugas juga tidak kalah pentingnya. Kamu harus mengerjakan tugas dengan maksimal agar mendapat nilai yang bagus. Nilai tugas tentu berpengaruh pada akumulasi nilai akhir.

1. Menjaga nama baik diri sendiri dan selalu hadir di kelas

Kamu juga perlu menjaga nama baik diri sendiri agar terhindar dari hal buruk yang membuat guru menjadi keberatan untuk memberimu nilai yang baik. Hal ini juga berkaitan dengan nilai kesopanan saat di sekolah. Selain itu, poin kehadiran di kelas juga mempengaruhi nilai akhir, jadi kamu tidak boleh bolos dan harus izin apabila berhalangan hadir.

Itulah 5 cara untuk mendapatkan nilai tinggi atau bagus saat di sekolah. Semoga membantu!

Baca JugaSelain AHY, Teuku Riefky dan Emil Dardak juga Masuk Kader Prospektif Partai Demokrat

(geosiar.com)