Lucinta Luna Lakukan Operasi Potong Leher untuk Hilangkan Jakun, Operasi Apa Itu?

by
Lucinta Luna Lakukan Operasi Potong Leher untuk Hilangkan Jakun, Operasi Apa Itu?
Lucinta Luna setelah jalani operasi plastik.(Instagram @lucintaluna_manjalita)

GEOSIAR.COM – Lucinta Luna kembali menjadi perbincangan netizen Indonesia, usai dirinya mengabarkan baru selesai menjalani operasi pemotongan leher untuk menghilangkan khodam atau jakun.

Kabar Lucinta Luna operasi pemotongan leher untuk menghilangkan khodam atau jakun ini, disampaikan sendiri melalui video yang memperlihatkan kepala sampai lehernya yang diperban, dan masih bercecer darah di beberapa tempat diperban itu.

“Ratu kuattt Ratu kuattt Ratu 9 nyawa… semenjak pasca op pemotongan leher inih rada sulit utk menelan makanan. yukk bisa yukk sedikit2 suapin aku makan biar cepet pulih dan bisa bicara merdu lagi tanpa Khodam membandel,” tulis Lucinta Luna dalam akun Instagram pribadinya @lucintaluna_manjalita, Kamis (7/7/2022).

Lantas, seperti apa prosedur operasi potong leher untuk hilangkan jakun yang dilakukan Lucinta Luna ini?

Jenis operasi leher Lucinta Luna

Jenis operasi pemotongan leher yang dimaksudkan oleh Lucinta Luna itu dalam dunia medis disebut dengan Chondrolaryngoplasty atau Trachea Shave (pemotongan trakea).

Memotong atau mencukur trakea adalah jenis operasi feminisasi wajah yang digunakan untuk mengurangi ukuran jakun. Ini dapat dilakukan pada wanita trans, orang trans non-biner, dan wanita cigender.

Dilansir HealthLine edisi 24 November 2020, operasi Trachea Shave ini pada dasarnya dilakukan untuk mengurangi ukuran tonjolan laring, yang terletak di atas kelenjar tiroid di tengah tenggorokan.

Baca JugaRupiah Berpeluang Menguat Dibayangi Kekhawatiran Inflasi dan Resesi

Penonjolan laring yang dimaksud itu lebih sering disebut sebagai jakun. Selama pemotongan trakea, tulang rawan tiroid dikeluarkan dari bagian depan laring.

Untuk diketahui, peran tulang rawan tiroid adalah untuk melindungi pita suara dari kerusakan atau ketegangan. Kabar Lucinta Luna operasi hilangkan jakun atau operasi pemotongan leher tersebut disampaikannya dalam sebuah unggahan di media sosialnya.

Bagaimana prosedur operasi potong leher Lucinta Luna ini dilakukan?

Dokter ahli akan mengevaluasi pasien secara medis untuk melakukan prosedur ini.

Dokter akan meminta pasien bersangkutan melakukan beberapa tes diagnostik untuk menentukan apakah pasien itu cukup sehat untuk menjalankan operasi.

Tes diagnostik yang dilakukan termasuk elektrokardiogram (EKG) dan tes darah). Lalu, dokter juga akan menanyakan perihal obat-obatan atau suplemen yang rutin dikonsumsi selama ini.

Ini termasuk jenis obat-obatan dan suplemen yang dijual bebas di masyarakat. Untuk Anda yang rutin mengonsumsi aspirin atau obat apapun yang dapat menyebabkan perdarahan atau menghambat pembekuan darah, akan diminta untuk berhenti mengonsumnya sebelum prosedur operasi dilakukan.

Bagi Anda yang merokok atau vape, dokter akan meminta Anda untuk berhenti setidaknya beberapa hari sebelum operasi. Serta, Anda juga akan menerima instruksi tertulis yang menunjukkan kapan Anda harus berhenti makan dan minum sebelum prosedur operasi dilakukan.

Baca JugaKeluarga Ungkap 3 Kejanggalan Sebelum Dicky Topan Meninggal

Selama prosedur operasi Trachea Shave

Operasi pemotongan atau pencukuran trakea biasanya dilakukan dengan anestesi umum. Dibutuhkan sekitar 30 menit hingga 1 jam, dari awal hingga akhir.

Dalam prosesnya, pertama kali dokter bedah akan membuat sayatan horizontal kecil di bawah dagu atau rahang Anda, di lipatan kulit. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bekas luka tidak akan terlihat di kemudian hari.

Lalu, sebuah kamera kecil akan dimasukkan ke dalam sayatan. Ini digunakan untuk menemukan tulang rawan tiroid, dan pita suara. Berikutnya, tulang rawan tiroid dan batasnya akan dicukur, dan dibuang.

Dokter bedah akan berhati-hati melakukan tindakan operasi pemotongan tersebut agar tidak menyentuh pita suara. Setelah selesai, sayatan akan dijahit tertutup.

Pasca-operasi Trachea Shave

Kemudian saat operasi telah selesai dilakukan, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan dan diamati selama beberapa waktu sebelum dipulangkan.

Jika Anda memiliki beberapa prosedur feminisasi wajah yang dilakukan sekaligus, Anda mungkin harus menginap semalam di rumah sakit.

Seperti halnya operasi apapun, dianjurkan agar Anda beristirahat selama satu atau dua hari, menghindari aktivitas berat dan bernyanyi atau berbicara dengan keras.

Selama masa pemulihan paska operasi, Anda harus makan makanan lunak atau diet cair sampai tenggorokan terasa nyaman saat menelan.

Efek samping pasca operasi Trachea Shave

Seperti yang dirasakan oleh Lucinta Luna pasca operasi, tindakan pemotongan trakea atau jakun itu membuat tenggorokannya akan lebih sakit untuk menelan makanan.

Namun selain rasa sakit di tenggorokan, memang ada beberapa efek samping pasca operasi pemotongan trakea yang mungkin terjadi pada pasien.

Pembengkakan Memar Sakit tenggorokan Suara lemah Kesulitan menelan Selain beberapa efek samping, ada pula beberapa potensi risiko yang mungkin bisa terjadi dari prosedur operasi Trachea Shave ini.

Di antaranya seperti delirium pasca operasi dan masalah pernapasan, terlalu banyak tulang rawan tiroid terbuang, dan bekas luka yang terlalu menonjol.

Mengikuti instruksi dan berkonsultasi selalu dengan dokter penanggung jawab pasien paska operasi adalah hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, di kemudian hari usai menjalani prosedur operasi itu.

Baca Juga5 Bisnis Milik Sule, Bakal Jadi Rebutan Setelah Cerai dengan Nathalie Holscher?

(geosiar.com)