Benahi RS HKBP Nainggolan Samosir, Yakes Galang Sinergi

by
Benahi RS HKBP Nainggolan Samosir, Yakes Galang Sinergi

GEOSIAR.COM, BALIGE – Benahi RS HKBP Nainggolan Samosir, Yakes galang sinergi. Pengurus Yayasan Kesehatan (Yakes) HKBP dalam rapat internal secara daring, Rabu (06/07/2022) mengajak Pemerintah dan warga bahu membahu membenahi Rumah Sakit HKBP Nainggolan.

Hingga saat ini, HKBP memiliki 2 rumah sakit yaitu berlokasi di Balige Kabupaten Toba dan di Kecamatan Nainggolan Kabupaten Samosir.

Sebagaimana diketahui keadaan Rumah Sakit HKBP Nainggolan di Kecamatan Nainggolan Kabupaten Samosir Sumatera Utara, saat ini beroperasi kurang optimal.

Kendati berdiri sejak awal tahun 1900-an dan sempat jaya sebagai rumah sakit rujukan bagi masyarakat di kawasan Danau Toba, namun keadaaan rumah sakit bersejarah ini cukup memprihatikan.

Sedangkan fasilitas hanya seadanya, ditambah belum adanya dokter jaga. Namun, semenjak dilantik 2 tahun silam Yayasan Kesehatan terus melakukan gebrakan membenahi rumah sakit dan klinik serta Akper milik HKBP.

Baca Juga :  BI Nyatakan 69 Delegasi Siap Hadir dalam Pertemuan Menkeu dan Gubernur Bank Sentral

Ketua Yayasan Kesehatan HKBP Letjen Purnawirawan Hinsa Siburian dalam arahannya mengungkapkan pentingnya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Samosir dengan seluruh pihak untuk membenahi ulang rumah sakit bersejarah tersebut.

Apalagi, kawasan Danau Toba di Sumatera Utara masuk sebagai satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP) oleh Kemenparekraf .

“Selain kebutuhan medis untuk lokal, Rumah sakit ini penting bagi para wisman ,” jelas Hinsa dalam keterangannya, Kamis(07/07/2022).

Untuk itu, seluruh pihak selain Pemkab dan para pemangku kepentingan, ujar Hinsa, peran swasta dan para simpatisan mutlak diperlukan.

“Kita segera turunkan tim untuk menjalin komunikasi dengan para pihak, terutama Pemkab Samosir. Mohon bantuan dan dukungan bersama,” terang Hinsa.

Hadir dalam pertemuan selain Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, terlihat Sekretaris Dr. Togar Siallagan MM, Bendahara Nursinta Sinambela SE MMTI, Dr. Sanco Simanullang, S.T, M.T, IPM, ASEAN Eng, Dr Abiran Nababan SPd, dan dr Bonar Sinaga SpOG.

Babak Baru

Sementara itu Sekretaris Yayasan Kesehatan HKBP Dr. Togar Siallagan, MM mengungkapkan, selama ini Yayasan Kesehatan masih berkutat pada pembenahan RS HKBP Balige.

“Rumah sakit Balige kian berangsur baik. Maka kini saatnya kita mulai babak baru, membenahi Rumah Sakit HKBP Nainggolan,” katanya.

Ditambahkan Togar, Ompui Ephorus HKBP dan segenap pimpinan pun sangat mendukung program Yayasan Kesehatan.

“Rencana kerja kita mendapat perhatian penuh dan dukungan dari Ompui. Mohon dukungan semua pihak,” tutup Togar.

(geosiar.com)

Baca JugaPresiden Jokowi dan Ibu Iriana Belanja Buah dan Bagikan Bansos di Pasar Petisah