Ketahui Gejala dan Risiko Penyebaran Cacar Monyet, Ini Cara Mencegahnya

by
Ketahui Gejala dan Risiko Penyebaran Cacar Monyet, Ini Cara Mencegahnya

GEOSIAR.COM – Ketahui gejala dan risiko penyebaran cacar monyet, ini cara mencegahnya. Saat ini cacar monyet atau monkeypox kembali menyerang warga diberbagai belahan dunia, seperti namanya, monyet menjadi inang utama dari virus monkeypox. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui cara mencegah cacar monyet.

Penyakit ini dapat menyebar melalui hewan ke hewan atau hewan ke manusia, penularannya juga dapat terjadi akibat kontak langsung, melalui cairan tubuh, hingga udara. Sehingga penting untuk mengetahui cara mencegah cacar monyet.

Cacar monyet alias monkeypox adalah penyakit infeksi virus yang disebabkan oleh virus langka dari hewan monyet (virus zoonosis). Berdasarkan catatan, kasus yang menular dari monyet ke manusia pertama kali ditemukan pada tahun 1970 di wilayah Kongo, Afrika Selatan. Lantas, bagaimana cara mencegah cacar monyet?

Gejala dari penyakit ini secara umum mirip dengan penyakit cacar air (smallpox) pada umumnya. Seperti diawali dengan demam lalu diikuti ruam kulit yang melepuh kemudian menjadi lenting.

Perlu diketahui gehala yang membedakan cacar monyet dengan cacar biasa yaitu diiringi dengan pembengkakan pada kelenjar getah bening di bagian ketiak.

Sementara, penularan penyakit cacar monyet antara manusia terjadi melalui kontak langsung dengan lenting atau luka di kulit, cairan tubuh, droplet (percikan air liur) yang dikeluarkan saat batu dan bersin, serta menyentuh permukaan yang sebelumnya telag terkontaminasi virus monkeypox.

Baca JugaTentang Mitos Ikan Duyung dan Fakta di Baliknya

Penyebab Cacar Monyet

Diketahui virus ini pada awalnya ditransmisikan oleh gigitan hewan liar seperti tupai. Namun, para peneliti dibeberapa dujia juga menemukan bahwa virus ini telah menginfeksi sekelompok monyet yang saat itu sedang diteliti. Dari penelitian itulah, penyakit ini kemudian dinamakan cacar monyet.

Adapaun cirus cacar monyet mulanya berasal dari genus Orthopoxvirus dalam keluarga Poxviridae. Jenis virus yang termasuk dalam genus Orthopoxvirus yaitu meliputi virus variola penyebab cacar air (smallpox), virus vaccinia (yang digunakan untuk vaksin cacar), dan juga virus cacar sapi.

Sebagian besar dari kasus cacar monyet yang dialami oleh manusia diberbagai dunia disebabkan karena penularan dari hewan.

Virus yang berasal dari hewan inilah kemudian memasuki tubuh manusia melalui luka terbuka yang terjadi di kulit, selaput lendir, saluran pernapasan, atapun mukosa (air liur).

Lantas bagaimana cara mencegah cacar monyet? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga :  Retno Marsudi Tawarkan 2 Solusi untuk Mengakhiri Krisis Pangan Global

Cara Mencegah Cacar Monyet

  • Hindari kontak langsung dengan beberapa hewan yang beresiko memiliki virus zoonosis. Seperti tikus, primata, atau hewan liar lainnya (termasuk kontak langsung dengan hewan yang sudah mati di daerah terinfeksi).
  • Hindari kontak dengan benda apa pun, seperti tempat tidur, tempat duduk yang pernah disinggahi oleh hewan yang sakit.
  • Jangan memakan daging hewan liar yang tidak dimasak dengan baik.
  • Jauhkan diri sebisa mungkin dari pasien yang terinfeksi cacar monyet.
  • Bagi petugas medis yang meneliti atau menangani pasien cacar monyet, harap gunakanlah masker dan sarung tangan saat bertugas.
  • Lakukan kebersihan tangan dan tubuh yang baik setelah kontak langaung dengan hewan atau manusia yang terinfeksi.
  • Pisahkan pasien yang telah terinfeksi virus dari orang lain yang mungkin memeiliki risiko terinfeksi.
  • Gunakan alat pelindung diri (APD) saat menangani pasien yang sakit.

Faktor Risiko Penularan Cacar Monyet

Bagi siapa pun yang sebelumnya belum pernah terinfeksi virus cacar monyet akan berpeluang untuk mengalami penyakit ini. Tetapi, Anda akan lebih berisiko untuk terjangkit penyakit jika:

  • Melakukan kontak secara langsung dengan binatang liar tanpa memakai alat pelindung.
  • Melakukan kontak secara dekat dengan monyet yang terinfeksi virus ini.
  • Mengonsumsi daging dan bagian tubuh lain binatang liar, apalagi jika tanpa dimasak hingga matang.
  • Merawat orang yang sedang mengalami cacar monyet.
  • Melakukan penelitian terhadap virus cacar air atau monkeypox di laboratorium.

Demikian tadi ulasan mengenai cara mencegah cacar monyet. Untuk mengurangi risiko penyakit menular ini Anda dapat menerapkan beberapa cara pencehannya. Semoga bermanfaat!

(geosiar.com)

Baca JugaSambut HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Samosir Gelar Pertandingan Catur Gembira