Cek Syarat dan Cara Membuat Surat Keterangan Sehat Disini

by
Cek Syarat dan Cara Membuat Surat Keterangan Sehat Disini

GEOSIAR.COM – Surat keterangan sehat biasanya dilampirkan sebagai dokumen pendukung untuk berbagai keperluan. Untuk mendapatkan surat keterangan sehat ini tidaklah sulit. Berikut cara membuat surat keterangan sehat beserta persyaratannya.

Surat keterangan sehat dikeluarkan penyedia layanan kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit. Surat keterangan sehat ini sendiri menjadi sebuah bukti bahwa seseorang yang namanya tercatat pada surat tersebut telah dinyatakan sehat.

Baik sehat secara jasmani maupun sehat secara rohani yang dikeluarkan oleh lembaga kesehatan yang telah ditunjuk. Surat keterangan sehat kerap diperlukan sebagai syarat melamar pekerjaan, membuat dan memperpanjang Surat Izin Mengemudi atau SIM, dokumen pendukung yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikan, dan lainnya.

Syarat Membuat Surat Keterangan Sehat

Pada saat Anda ingin mengurus surat keterangan sehat, baik di puskesmas maupun di rumah sakit, tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi.

Jika Anda ingin surat keterangan sehat ini lekas terbit, maka sebaiknya Anda terlebih dahulu menyiapkan semua persyaratan yang diperlukan, baik dokumen pendukung ataupun administrasi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena semua persyaratan yang diperlukan untuk membuat surat keterangan sehat ini cukup sederhana tanpa adanya persyaratan khusus dan berbelit.

  1. Kartu identitas berupa KTP, baik yang asli ataupun yang fotokopi.
  2. Pas foto berwarna 3×4
  3. Biaya administrasi. Membuat surat keterangan sehat dikenakan biaya administrasi, sekitar Rp10-50 ribu bergantung tempat Anda mengurusnya.

Baca JugaHindari Kecelakaan, Kapolsek Pangururan Beserta Personil Turun Benahi Jalan Berlubang di Kota Pangururan

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat

Untuk membuat surat keterangan kesehatan, ada satu hal yang perlu dicatat, yakni Anda tidak bisa mewakilkan untuk membuat surat keterangan sehat ini dengan orang lain. Dengan kata lain, Anda perlu meluangkan waktu untuk mendatangi fasilitas kesehatan setempat dan mengurusnya sendiri.

  • Pastikan Kondisi Kesehatan

Sebelum mendatangi fasilitas kesehatan setempat, pastikan kondisi kesehatan Anda dalam kondisi prima. Karena jika tidak, bisa saja Anda tidak akan mendapatkan surat keterangan sehat ini.

Selain itu, untuk dapat mengajukan surat keterangan sehat, Anda harus datang sendiri dan tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.

  • Mendatangi Fasilitas Kesehatan

Setelah memastikan kondisi badan sehat, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mendatangi fasilitas kesehatan setempat, baik itu puskesmas maupun rumah sakit.
Jika memilih rumah sakit, usahakan rumah sakit tersebut adalah rumah sakit umum daerah setempat.

  • Mendaftarkan Diri

Ada baiknya Anda mendatangi fasilitas kesehatan pada pagi hari agar bisa menyelesaikannya dengan cepat. Anda lantas diminta untuk mendaftarkan diri sembari menyerahkan berkas persyaratan dan membayar biaya administrasi.

  • Melakukan Pemeriksaan dengan Dokter

Langkah berikutnya setelah nomor antrian Anda dipanggil adalah melakukan pemeriksaan dengan dokter. Dalam ruang pemeriksaan, dokter yang bertugas akan memberikan sejumlah pertanyaan yang terkait dengan riwayat kesehatan secara umum sekaligus mengecek kondisi kesehatan Anda.

Adapun pemeriksaan yang dijalani seperti pemeriksaan fisik, berat badan, tekanan darah, golongan darah, tes kesehatan mata, kesehatan telinga, riwayat penyakit, dan sebagainya.

  • Mendapat Surat Keterangan Sehat

Setelah prosedur pemeriksaan selesai, dokter akan mencatat dan menandatangani surat keterangan sehat untuk Anda terima.

Demikian cara membuat surat keterangan sehat dan persyaratannya.

(geosiar.com)

Baca JugaPuncak HUT Jakarta di JIS Dipenuhi 70.000 Penonton Hingga Stadion Hampir Penuh