DPR Minta Zulhas Benahi Kemendag, Singgung Kasus Suap Minyak Goreng

by
DPR Minta Zulhas Benahi Kemendag, Singgung Kasus Suap Minyak Goreng

GEOSIAR.COM – Anggota Komisi VI DPR dari fraksi Nasdem Subardi meminta Zulkifli Hasan (Zulhas) membenahi internal Kementerian Perdagangan usai dirinya diangkat menjadi Menteri Perdagangan baru oleh Presiden Jokowi.

Subari menyinggung kasus suap ekspor CPO yang menjerat Indrasari Wisnu Wardhana selaku Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Dirjen Daglu) Kemendag beberapa waktu lalu.

“PR-nya, pertama pembenahan internal Kemendag. Kita tahu satu Dirjen jadi tersangka urusan ekspor impor minyak,” kata dia saat dihubungi, Rabu (15/6).

Subardi secara khusus juga meminta agar distribusi minyak goreng tak dilepaskan sepenuhnya ke mekanisme pasar. Menurut dia, negara harus tetap ambil bagian dalam kebijakan tersebut.

Baca JugaUnilever Akan Sesuaikan Harga Produk Imbas Kenaikan Minyak Sawit Dunia

Subardi meyakini Zulhas memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan DPR. Dia menyebut Komisi VI akan menggelar rapat kerja dengan Zulhas dalam waktu dekat setelah sepakan sebelumnya, rapat telah digelar membahas pagu anggaran indikatif Kemendag.

“Minggu lalu Kemendag baru Raker dengan Komisi VI, bahas pagu indikatif 2023. Mungkin dalam waktu dekat akan Raker lanjutan,” katanya.

Baca JugaAnggota DPR RI Hendrik Sitompul Hadiri Peresmian Gedung SMP/SMA Santo Thomas 1 Medan Oleh Gubsu Edy Rahmayadi

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VI DPR Sarmuji menilai Zulhas memiliki pekerjaan terutama untuk menstabilkan harga bahan pokok. Terlebih di tengah ancaman krisis global yang berpotensi terjadi di Indonesia.

Dia juga meminta Zulhas terus bekerja sama dengan Menteri Perindustrian menyangkut alur distribusi minyak goreng. Menurutnya, tanpa komunikasi yang baik potensi penyelundupan minyak goreng di pasaran akan terus terjadi.

“Tanpa kerja sama yang baik peluang terjadi kebocoran minyak goreng dan penyelundupan minyak goreng yang disubsidi akan terus terjadi,” katanya.

Baca JugaKemenkop Gencarkan Transformasi Usaha Mikro

(geosiar.com)