Berkedok Pembangunan Pesantren, Seorang Pengemis Ditangkap

by
Berkedok Pembangunan Pesantren, Seorang Pengemis Ditangkap

GEOSIAR.COM – Seorang pengemis berkedok mencari sumbangan untuk pembangunan pesantren di Kabupaten Bireuen, Aceh, ditangkap.

Kepala Satpol PP dan WH Simeulue Dodi Juliardi Bas mengatakan, pelaku RH (61) mendatangi masyarakat membawa dokumen administrasi pembangunan pesantren.

Namun, setelah dilakukan koordinasi dengan pihak kecamatan lokasi pesantren, dokumen tersebut palsu. Selain itu, pesantren yang disebutkan itu sudah lama tutup.

“RH sudah tiga kali ke Simeulue. Saat ditangkap, yang bersangktan baru sehari di Simeulue dan telah mengantongi uang Rp 500 ribu,” kata Dodi melansir Antara, Kamis (16/5/2022).

Baca JugaNasib Guru Agama Tega Cabuli Murid Sendiri, Divonis 10 Tahun dan Denda Rp 100 Juta

Saat diinterogasi, kata Dodi, RH memiliki tim yang mengkoordinir mereka. Hasil yang didapat dibagi 30 persen untuk pelaku dan 70 persen untuk yang mengkoordinir.

“RH dipulangkan ke kampungnya setelah mendapatkan arahan dan bimbingan,” ujar Dodi.

Dodi mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam memberikan sumbangan berkedok yayasan atau organisasi. Jika ada yang mencurigakan dokumen tidak asli atau terindikasi palsu agar dapat menginformasikan kepada aparat penegak hukum.

“Kalau ada pengemis atau peminta-minta yang mencurigakan segera laporkan ke penegak hukum untuk ditindak,” kata Dodi.

Baca JugaPuan Maharani: Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 Bukti Tidak Ada Penundaan

Baca JugaPresiden Nepal Undang Dubes RI, Terkesan Pencapaian Indonesia Suarakan Kepentingan Negara Berkembang

(geosiar.com)