Arab Saudi Larang Warganya ke Indonesia, Ini Kata Kemenlu

by
Arab Saudi Larang Warganya ke Indonesia, Ini Kata Kemenlu

GEOSIAR.COM – Pada Sabtu (23/5/2022), Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan bagi warganya untuk bepergian ke 16 negara, termasuk Indonesia.

Dikutip dari Saudi Gazzete, larangan ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat). Larangan ini diberlakukan karena kasus Covid-19 yang dinilai masih tinggi di sejumlah negara tersebut.

Berikut daftar 16 negara yang dilarang dikunjungi warga negara Arab Saudi:

1. Lebanon

2. Syria

3. Turki

4. Iran

5. Afganistan

6. India

7. Yaman

8. Somalia

9. Ethiopia

10. Kongo

11. Libya

12. Indonesia

13. Vietnam

14. Armenia

15. Belarus

16. Venezuela

Baca JugaJokowi Perintahkan Luhut Atasi Masalah Migor di Daerah Jawa-Bali

Tanggapan Kementerian Luar Negeri Indonesia Terkait dengan larangan yang diberlakukan, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) belum bisa berkomentar banyak.

Juru Bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah menyatakan pihaknya hingga saat ini masih menunggu masukan dari pejabat kementerian yang menangani Saudi Arabia.

“Menurut informasi awal sudah disampaikan ke pihak Arab Saudi bahwa penanganan Covid-19 RI sudah berhasil menekan angka kasus positif dan bahkan kondisi di Tanah Air sudah lebih baik dari pada di negara-negara Barat sekalipun,” kata Teuku Faizasyah, Senin (23/5/2022).

Kondisi Covid-19 Indonesia Jika melihat data harian yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) maupun Satgas Penanganan Covid-19, kasus infeksi harian di Indonesia saat ini cenderung sudah berhasil ditekan.

Setidaknya, sejak pertengahan April kasus harian nasional tidak pernah menyentuh angka 1.000, bahkan setelah momentum libur Lebaran pandemi juga cenderung masih terkendali.

Cakupan vaksinasi pun terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. Data per Senin (23/5/2022), vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 95,98 persen sasaran, sementara dosis 2 sudah mencapai 80,11 persen sasaran, dan dosis booster sudah mencakup 21,18 persen sasaran.

Kondisi yang baik ini diharapkan membuat Arab Saudi mencabut larangan bepergian ke Indonesia bagi warganya. “Harapannya demikian, kami tunggu keterangan lebih lanjut ya,” jelas Faizasyah.

Baca JugaKemenlu Panggil Dubes Inggris Sampaikan Kekecewaan Soal Bendera LGBT

(geosiar.com)