Rumah Potong Hewan Milik Pemkab Samosir Tidak Berfungsi

by
Rumah Potong Hewan Milik Pemkab Samosir Tidak Berfungsi

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Rumah potong hewan milik Pemkab Samosir tidak berfungsi. Rumah Potong Hewan (RPH) milik Pemerintah Kabupaten Samosir tidak berfungsi dan tidak digunakan, yang terletak di Jalan Ronggurnihuta Desa Padomuan 1, Pangururan, Kecamatan Pangururan. Hal itu terungkap ketika awak media berkunjung ke Rumah Potong Hewan tersebut tidak ada aktifitas, Selasa (17/5/2022).

Menurut petugas jaga disana mengatakan bahwa Rumah Potong Hewan tersebut tidak difungsikan lagi sejak bulan Nopember 2021 lalu sampai sekarang. RPH itu tidak berfungsi lagi dikarenakan adanya kerusakan bangunan dan diduga tidak memiliki IPAL yang baik.

Padahal menurut aturannya sebelum ternak di potong untuk dijual, harus melalui SOP Pelayanan Rumah Potong hewan (RPH), untuk memastikan ternak layak konsumsi dan sehat melalui laboratorium juga.

Baca JugaTim Gabungan Gelar Ops Yustisi Imbau Prokes di Lokasi Kuliner Malam di Medan

Rumah Potong Hewan Milik Pemkab Samosir Tidak Berfungsi Rumah Potong Hewan Milik Pemkab Samosir Tidak Berfungsi

Umumnya SOP Pelayanan Rumah Potong Hewan adalah hewan ternak yang disembelih harus memiliki dokumen, harus ditampung dikandang ternak penampungan RPH, Mendapat pemeriksaan Kesehatan ternak yang baik, untuk dibawa ke pasar/konsumen.

Namun proses itu tidak berlangsung lagi di RPH milik Pemerintah Kabupaten Samosir, karena ternak tidak dipotong lagi disana sampai saat ini. Dikhawatirkan dapat menimbulkan hal -hal yang tidak diinginkan terhadap kesehatan. Apalagi saat ini lagi viral penyebaran penyakit Mulut dan Kuku Ternak, yang merebak diberbagai daerah di Indonesia.

(geosiar.com/ss)

Baca JugaBobby Nasution dan Polrestabes Medan Dampingi Raffi Kunjungi Medan Zoo