Rekomendasi Skincare dan Perawatan Wajah dari Paparan Sinar Matahari

by
Rekomendasi Skincare dan Perawatan Wajah dari Paparan Sinar Matahari

GEOSIAR.COM – Rekomendasi skincare untuk perawatan wajah dari paparan sinar matahari. Cuaca panas dan terbilang ekstrem beberapa hari terakhir sangat dirasakan masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia.

Bahkan, angka suhu pun diketahui memang melampaui batas maksimal normal. Di Jakarta, suhunya sempat menyentuh 36 derajat Celsius.

Fenomena ini membuat banyak orang merasa gerah dan berkeringat lebih dari biasanya. Tentu saja ini dapat memengaruhi kondisi kulit secara berbeda.

Nah, untuk menjaga kesehatan kulit di tengah hari yang super panas ini, berikut adalah rekomendasi perawatan kulit yang kamu butuhkan, seperti dikutip Healthline dan Tokopedia.

  • Sering-seringlah Memakai SkinCare dengan Kandungan SPF 30

Kenakan tabir surya adalah hal terpenting yang paling mendasar untuk melindungi kulitmu. Carilah tabir surya yang menawarkan minimal SPF 30.

“Yang paling penting adalah Anda perlu melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Jika Anda tidak melakukannya, kulit Anda akan menua lebih cepat dan meningkatkan risiko kanker kulit,” kata Elizabeth Mullans, MD, dokter kulit bersertifikat.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk adalah beauty sunscreen SPF 50++ dengan PA++++, memiliki kandungan yang mampu memberikan perlindungan dari sinar UV dan formula skincare yang membantu mencegah dampak dari sinar UV A dan UV B pada kulit.

Sunscreen ini dilengkapi oleh teknologi “Anessa Triple Defense” yang membuat perlindungan dari sinar UV semakin kuat dengan adanya panas, dan kontak dengan air, atau keringat. Harganya sendiri Rp201 ribu. Dapatkan di sini.

  • Gunakan Pelembap

Kulit masih bisa mengering di musim panas, karena itu pelembap sangatlah dibutuhkan. Khusus untuk cuaca panas, kamu disarankan untuk mencari yang lebih ringan dengan tekstur yang tidak terlalu kental.

Mullans merekomendasikan untuk menemukan pelembab dengan SPF untuk memberikan lapisan perlindungan ekstra. Hanya saja, jangan memakainya di pagi hari dan berpikir itu bisa menggantikan tabir surya sepanjang hari.

Kamu bisa mencoba Cetaphil Moisturizing Lotion, pelembap tubuh dengan kombinasi formula yang unik dari Avocado Oil ini dapat membantu melembapkan kulit.

Cetaphil Moisturizing Lotion dapat membantu mengurangi penguapan alami, menjaga kelembapan kulit, dan membantu memperbaiki tekstur kulit. Segera terserap sehingga kulit jadi halus, lembut, dan terlindungi. Harganya Rp198 ribu. Dapatkan di sini.

  • Gunakan Riasan dengan SPF 50+

Mengoleskan tabir surya di atas riasan Anda yang sempurna mungkin sudah biasa. Namun kamu bisa memberiian perlindungan ekstra dengan mengenakan tinted moisturizer atau bedak ber-SPF.

Salah satunya La Roche Posay, Anthelios Ultra SPF 50+ Tabir Surya Berwarna BB Cream dengan teksturnya yang kaya namun tidak berminyak, melindungi, melembapkan dan menyatukan kulit dalam satu langkah.
Makeup ini dapat memberikan perlindungan sinar matahari untuk kulit sensitif, atau alergi dan reaktif terhadap sinar matahari, kulit yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama atau atas indikasi dokter kulit, misalnya kulit yang cenderung terkena noda atau spider veins atau dengan proses photoaging yang dipercepat. Harganya sendiri Rp360 ribu. Dapatkan di sini.

  • Lakukan Eksfoliasi Sekali atau Dua Kali Seminggu

Tabir surya itu penting, dan keringat adalah cara alami tubuh untuk mendinginkan diri. Tetapi keduanya dapat melakukan beberapa hal pada pori-pori Anda. Di situlah pengelupasan berfungsi.

“Ini membantu membuka pori-pori dan mengurangi noda,” kata dia, tetapi dia memperingatkan agar tidak berlebihan.

Sebaiknya jangan lakukan eksfoliasi saat kulit baru saja terbakar sinar matahari. Biarkan kulit sembuh dengan sendirinya tanpa iritasi tambahan.

Cobalah eksfoliasi lembut, menggunakan Bio Essence Bio-Renew Exfoliating Gel, yang membantu mengangkat sel kulit mati dari dalam lapisan kulit untuk penyerapan nutrisi produk berikutnya menjadi lebih baik dan secara lembut.

Proses ini dilakukan tanpa rasa sakit membantu mengangkat komedo hitam maupun komedo putih, dengan harga Rp142 ribuan. Dapatkan di sini.

  • Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Saat cuaca panas, Anda mungkin merasa perlu mencuci muka atau mandi terus-menerus. Para ahli menyarankan untuk tidak melakukannya terlalu sering.

“Tubuh Anda membuat faktor pelembab alami yang menahan air di kulit. Saat Anda mencucinya, bagian atas kulit bisa mengalami dehidrasi,” tambahnya.

Sebagai gantinya, menyarankan untuk tetap mandi sekali sehari dan setelah berolahraga. Bilas wajah dengan pembersih lembut dan air hangat di pagi dan malam hari. Anda juga bisa mencuci dengan air hangat setelah sesi berkeringat.

Jika Anda berkeringat, Mullans menyarankan untuk menggunakan kertas isap. Kertas-kertas ini tidak membutuhkan air, tetapi akan menyerap keringat dari wajah Anda.

(geosiar.com)

Baca JugaBerikut Cara Simpan Kentang agar Tidak Bertunas dan Tahan Lebih Lama