Jokowi Dijadwalkan Bertemu Presiden AS Hari Ini di Washington D.C

by
Jokowi Dijadwalkan Bertemu Presiden AS Hari Ini di Washington D.C

GEOSIAR.COM – Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini dijadwalkan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Pertemuan itu digelar bersama dengan para pimpinan ASEAN lainnya di Washington D.C pukul 17.30 waktu setempat.

“Presiden Biden menerima para pemimpin ASEAN di Gedung Putih (White House). Mereka akan mengambil foto untuk kenang-kenangan,” bunyi agenda KTT Khusus Asean-AS di laman state.gov, Kamis (12/05/2022).

Setelah itu, Jokowi dan para pimpinan ASEAN lain bakal menggelar makan malam bersama Biden. Agenda makan malam tersebut bakal menjadi penutup rangkaian acara hari pertama KTT Khusus Asean-AS.

Baca JugaJohan Budi Angkat Bicara Soal Anggaran Gorden untuk Anggota DPR

Sebelum bertemu Joe Biden, Jokowi dan pimpinan ASEAN bakal bertemu lebih dulu dengan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi di kantornya pukul 11.30 waktu setempat.

“Pelosi menjadi tuan rumah makan siang kerja bipartisan dengan para pemimpin ASEAN dan Anggota Kongres lainnya. Perwakilan ASEAN yang menjadi pembuka acara: Singapura, Vietnam,” bunyi agenda tersebut.

Setelah bertemu dengan Ketua DPR AS, Jokowi dan pimpinan ASEAN lainnya bakal menggelar pertemuan dengan CEO perusahaan Amerika untuk berdiskusi tentang kerja sama ekonomi. Dalam diskusi tersebut turut hadir Sekretaris Perdagangan AS Gina Raimondo dan Duta Besar Katherine Tai.

Dalam KTT Khusus Asean-AS 2022, Jokowi menjelaskan Indonesia dipercaya sebagai koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024. Oleh karena itu, Jokowi berharap KTT Khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

“Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, yang stabil, dan sejahtera,” kata Jokowi.

Jokowi dan delegasi direncanakan akan kembali ke Jakarta setelah rangkaian pertemuan selesai pada Jumat malam, 13 Mei 2022. Jokowi dijadwalkan tiba di Tanah Air pada hari Minggu pagi, 15 Mei 2022.

(geosiar.com)

Baca JugaPuan Maharani Minta Pemerintah Segera Tentukan Penanganan Kasus Hepatitis Akut