Berikut Cara Simpan Kentang agar Tidak Bertunas dan Tahan Lebih Lama

by
Berikut Cara Simpan Kentang agar Tidak Bertunas dan Tahan Lebih Lama

GEOSIAR.COM – Berikut cara simpan kentang agar tidak bertunas dan tahan lebih lama. Salah satu hal yang membuat kentang jadi sayuran favorit semua orang adalah umur simpannya yang lebih lama. Bahkan, jika disimpan dengan benar, kentang bisa bertahan selama berbulan-bulan.

Kunci untuk membuat kentang bertahan lama adalah menyimpannya di tempat yang sejuk, kering, dan gelap. Beberapa pilihan penyimpanan yang ideal termasuk dapur, kotak kardus, atau kantong kertas cokelat. Jika ingin kentang segar selama mungkin, simpan di tempat yang berventilasi baik sekitar 50 derajat, dan pastikan tidak terkena sinar matahari.

Ketika kentang mendapatkan terlalu banyak sinar matahari, kentang cepat bertunas dan menghasilkan senyawa beracun yang disebut solanin. Solanin dapat membuat kentang menjadi pahit, tidak dapat dimakan, dan berpotensi menyebabkan mual.

Kentang memang sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering, tetapi lemari es bukan tempat yang ideal. Tidak hanya iklim kulkas yang terlalu dingin untuk kentang, tetapi juga akan meningkatkan jumlah gula dalam kentang dan menghasilkan bahan kimia yang disebut akrilamida, yang bisa berbahaya. Jadi, hindari tahan menyimpan kulkas di lemari es.

Bagaimana dengan freezer? Untuk kentang mentah, freezer juga bukan tempat ideal. Jika ingin dibekukan, buat olahan setengah matang, seperti kentang tumbuk atau French fries, kemudian simpan hidangan yang sudah jadi dalam wadah ramah freezer untuk dinikmati nanti. Pilihan lainnya adalah memasak kentang sebagian, yang akan membantu menghilangkan sebagian air dari kentang dan membuatnya tidak terlalu lembek saat dibekukan.

Untuk membekukan kentang utuh atau potongan kentang, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Mulailah dengan mengupas kentang. Meskipun langkah ini tidak diperlukan, langkah selanjutnya akan lebih mudah.
  • Rebus kentang. Untuk merebus kentang, isi panci dengan air asin dan didihkan. Setelah air mendidih, masukkan kentang ke dalam panci. Proses blansing, yang tergantung pada ukuran kentang atau potongan kentang, akan memakan waktu antara tiga dan 10 menit.
  • Setelah kentang pucat, angkat dari air mendidih dan segera masukkan ke dalam air es untuk menghentikan proses memasak. Biarkan kentang benar-benar dingin.
  • Tiriskan kentang sudah dingin. Untuk menyerap kelembapan berlebih, keringkan setiap kentang dengan handuk kertas.
  • Atur kentang dalam satu lapisan di atas loyang yang dilapisi. Bekukan setidaknya selama empat jam atau semalaman.
  • Setelah kentang dibekukan, pindahkan ke dalam tas atau wadah penyimpanan yang aman untuk freezer. Pastikan untuk memberi label tanggal agar tahu kapan sebaiknya digunakan.

Metode di atas juga berfungsi untuk membekukan kentang goreng mentah. Namun, jika kentang goreng sudah matang, mulailah dengan langkah kelima.

(geosiar.com)

Baca JugaHarus Diperjuangkan, Ini 3 Jurus Mempersiapkan Masa Depan