Airlangga-AHY Dinilai Bisa Menjadi ‘Obat Tawar’ Redam Polarisasi Pada Pilpres 2024

by
Airlangga-AHY Dinilai Bisa Menjadi 'Obat Tawar' Redam Polarisasi Pada Pilpres 2024
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kiri) berpamitan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) usai melakukan pertemuan di Widya Candra, Jakarta, Sabtu (7/5/2022). Pertemuan kedua ketua umum partai politik tersebut dalam rangka silaturahim Hari Raya Idul Fitri 1443H.

GEOSIAR.COM – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Keduanya bertemu di rumah dinas Airlangga, di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (7/5/2022).

Pengamat politik Adi Prayitno menilai, kedua nama tersebut bisa menjadi pilihan untuk mengurangi polarasasi “cebong” dan “kadrun” yang selama ini menghiasi wajah politik nasional Indonesia.

“Bisa saja Airlangga dan AHY itu mengurangi polarisasi. Keduanya tidak masuk dalam lingkungan itu,” ujar Adi.

Baca JugaSat Binmas Polrestabes Medan Siagakan Personelnya di Sepanjang Jalan

Adi mengungkapkan, Pilpres 2024 perlu sosok-sosok yang bisa maju sebagai calon alternatif, sebab polarisasi politik masih terasa hingga saat ini. Polarisasi cebong-kadrun itu berada dalam tiga nama yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Baca JugaMasih Sanggupkah Presiden Jokowi-Sri Mulyani Bayar Utang Kompensasi Ratusan Triliun ke PLN?

“Muncul nama-nama lain, seperti Airlangga dan AHY ini bisa menjadi daya tawar atau obat tawar,” kata Adi. Meski demikian, nama nama alternatif itu masih bisa berubah.

Adi menilai, silahturami AH dan AHY tidak lepas hasil lembaga survei terkait elektabilitas calon presiden pada Pilpres 2024.

“Tapi sejauh ini kan belum ada kejelasan apakah Airlangga Hartarto atau AHY akan berkoalisi dengan siapa,” ucapnya Menurut Adi, silaturahmi politik antarkedua pimpinan partai politik itu hal yang wajar, apalagi menjelang Pemilu 2024 yang tinggal tersisa 2 tahun lagi.

“Mungkin kegiatan-kegiatan seperti ini (silaturahmi politik) akan terus dilakukan,” tutupnya.

Baca JugaDaftar Klub Promosi Serie A: Lecce dan Cremonese Naik Kasta, 6 Tim Berjuang di Playoff

Baca JugaAntisipasi Macet, Kabag Ops & Kasat Samapta Patroli Naik Sepeda Motor

(geosiar.com)