Fintech Solusi Akses Pembiayaan UMKM di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba

by
Fintech Solusi Akses Pembiayaan UMKM di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Fintech solusi akses pembiayaan UMKM di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga Uno atas pelaksanaan Bimbingan Teknis Fintech Business Matchmarking yang dilaksanakan di Hotel Four Point by Sheraton Medan, Kamis (14/4/2022).

Dikatakan, bimtek ini sangat membantu dalam pengembangan UMKM, khususnya di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Bupati Samosir mengatakan, “Bahwa ternyata masalah UMKM yang utama adalah pembiayaan. Dan, dengan pelaksanaan bimtek ini, skema pengelolaan UMKM dapat terjawab dan UMKM dapat berkembang ke depan,” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Sahaluddin Uno menyampaikan bahwa fintech akan menghadirkan solusi kepada UMKM yang belum bisa mendapatkan akses pembiayaan.

Baca JugaJokowi Sudah Teken Aturan THR dan Gaji Ke-13 untuk ASN hingga TNI-Polri

Kata Sandiaga, dengan memberikan solusi akses pembiayaan, akan membangkitkan ekonomi, terbuka peluang usaha dan lapangan kerja akan tercipta.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa pariwisata ditargetkan berkontribusi terhadap perekonomian nasional meningkat sekitar 15-20 persen dan kontribusinya menuju di angka 5 persen.

“Ekonomi kreatif lebih signifikan. Dari 7 persen kita targetkan bisa mencapai 8 persen. Sehingga kombinasi pariwisata dan ekonomi kreatif ini mencapai 12-13 persen kontribusinya terhadap perekonomian nasional.

Jadi, jangka menengah dan jangka panjangnya kita targetkan 15 sampai 20 persen. Tapi yang paling penting, tahun ini kita akan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru, dimana 400 ribu di bidang pariwisata dan 700 ribu pada bidang ekonomi kreatif,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf didampingi Bupati Samosir, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir bekerja sama dengan PT. Global Inspeksi Sertifikasi menyerahkan sertifikat kepada 3 hotel di Samosir, yaitu Tabo Cottages, Rogate Beach Ressort dan Saulina Ressort.

Baca JugaKapolri Mutasi 215 Anggotanya, Ada Jenderal Hingga Perwira Menengah yang Digeser

(geosiar.com/ss)