Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir Lakukan Pelatihan Pemandu Wisata Homestay

by
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Lakukan Pelatihan Pemandu Wisata Homestay

GEOSIAR.COM, SAMOSIR – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir lakukan Pelatihan Pemandu Wisata Homestay kepada 40 orang pemilik dan pengelola homestay di kawasan desa wisata, 12 s/d 14 April 2022 di Saulina Hotel Aek Rangat Kecamatan Pangururan.

Pelatihan Pemandu wisata homestay tersebut dibuka oleh Staf Ahli Bupati Samosir Rudi M. Siahaan, dan didampingi Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tetty Naibaho, S.Sos, Selasa (12/4/2022).

Menghadirkan narasumber dari Ketua Dewan Pengawas Assosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Sumut Abdi Nur Ginting, SE, M.Pd dan Stella Angelica, AMd. Par.

Dalam laporannya Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tetty Naibaho, S.Sos mengatakan bahwa,”tujuan dari pelatihan adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pemerintah,” imbuhnya.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tetty Naibaho,” juga berharap kepada peserta pelatihan untuk bersungguh – sungguh mengikuti setiap sesi pertemuan sampai berakhirnya acara, sehingga tercipta pemandu wisata homestay yang memiliki jiwa pelayanan kepariwisataan yang profesional”, harapnya.

Staf Ahli Bupati Samosir Rudi M. Siahaan dalam sambutannya,”meminta kepada narasumber untuk bersungguh sungguh dapat menularkan ilmu dan pengalamannya kepada peserta, sehingga issu ketidaksiapan sumber daya manusia kepariwisataan dapat terkikis, menjadi lebih baik dan lebih terampil,” imbuhnya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Lakukan Pelatihan Pemandu Wisata Homestay

Rudi M.Siahaan juga menyebutkan pelatihan ini dilatarbelakangi renovasi dan rehabilitasi 310 rumah penduduk menjadi homestay, yang merupakan program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Pemerintah Pusat. Sebagian dari homestay tersebut telah mendapat bantuan perlengkapan tempat tidur dari Kemenparkeraf RI” pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya Rudi M. Siahaan berharap, “pelatihan pemandu wisata homestay dapat diimplementasikan kepada wisatawan secara bertanggungjawab,”tegasnya.

(geosiar.com/ss)

Baca JugaSesalkan Penangkapan Pelajar dan Penganiayaan Ade Armando, Amnesty: Usut dan Tindak Tegas Pelaku