Posisi Indonesia Naik Pesat! Ini Peringkat Negara Terkuat di Dunia

by
Posisi Indonesia Naik Pesat! Ini Peringkat Negara Terkuat di Dunia

GEOSIAR.COM – Ini peringkat negara terkuat di dunia. Ketika dengan kata ‘terkuat’, kebanyakan asumsi orang adalah negara dengan tentara atau tenaga pertahanan negara yang paling kuat, dilengkapi dengan alat tempur yang paling lengkap sehingga siap untuk beradu kuat jika diperlukan.

Padahal predikat ‘negara terkuat’ berasal dari berbagai aspek di dalam negara tersebut, serta tak melulu soal terntara atau pertahanan sebuah negara.

Dikutip dari penilaian yang dibuat oleh Lowy Institute Asia Power Index Edisi 2021, tercatat bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang menunjukkan peningkatan paling pesat dalam hal kekuatan negara.

Bahkan dalam penilaian tersebut, Indonesia bisa mengungguli beberapa negara di Asia Tenggara.

Untuk diketahui, beberapa aspek yang dinilai dalam kekuatan negara adalah kekuatan ekonomi, kekuatan militer, pengaruh diplomatik, ketangguhan, relasi ekonomi, kemampuan ekonomi, jejaring pertahanan, sumber daya masa depan, kemampuan militer, hingga pengaruh budaya.

Ketika mendengar negara terkuat, pasti yang langsung mucul adalah negara Adidya alias Amerika Serikat yang memang mampu mempertahankan posisinya sebagai negara terkuat nomor satu di dunia.

Baca JugaTantang Myanmar di Semifinal AFF, Timnas Futsal Indonesia Pantang Lengah

Berikut ini adalah top 10 negara terkuat di dunia versi Asia Power Index 2021.

  1. Amerika Serikat dengan poin 82,2 dari 100.
  2. China 74,6
  3. Jepang 38,7
  4. India 37,7
  5. Rusia 33
  6. Australia 30,8
  7. Korea Selatan 30
  8. Singapura 26,2
  9. Indonesia 19,4
  10. Thailand 19,2

Melalui data tersebut terlihat bahwa ada selisih poin yang sangat jauh dari peringkat kedua ke peringkat ketiga negara terkuat di dunia.

Di sisi lain, posisi Indonesia bisa dikatakan posisi yang membanggakan karena berada tepat di bawah negara Singapura, sebagai salah satu negara maju di Asia.

Jika dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara, Indonesia masuk dalam salah satu posisi yang paling tinggi, pastinya setelah Singapura.

Meski demikian, poin Indonesia tidak berselisih jauh dengan poin negara yang ada di bawahnya, Thailand.

Baca Juga : BMKG Ingatkan Waspada Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Provinsi

(geosiar.com)