Republik Ceko Mengirim Tank dan Kendaraan Infanteri BVP-1 ke Ukraina

by
Republik Ceko mengirim tank dan kendaraan infanteri BVP-1 ke Ukraina. Republik Ceko telah mengirim tank T-72 dan kendaraan tempur infanteri BVP-1

GEOSIAR.COM – Republik Ceko mengirim tank dan kendaraan infanteri BVP-1 ke Ukraina. Republik Ceko telah mengirim tank T-72 dan kendaraan tempur infanteri BVP-1 ke Ukraina untuk melawan serangan Rusia, kata sumber Kementerian Pertahanan Ceko kepada Reuters, Rabu (6/4/2022).

Televisi publik Czech Television awalnya melaporkan pengiriman tersebut dengan men-tweet video kereta yang membawa lima tank dan lima kendaraan tempur. Menurut mereka, pengiriman ini bantuan yang disepakati dengan sekutu NATO.

Informasi ini dikonfirmasi oleh Ondrej Benesik, Ketua Komite Urusan Eropa Dewan Perwakilan Rakyat Ceko. Dia mengatakan kepada Reuters bahwa informasi tersebut berasal dari pakar pertahanan dari Partai Kristen Demokrat.

Sumber pertahanan Ceko juga mengkonfirmasi pengiriman tank dan kendaraan tempur, tetapi tidak memberikan rincian dengan alasan karena masalah keamanan.

Menteri Pertahanan Ceko Jana Chernochova mengatakan parlemen tidak akan mengkonfirmasi atau menyangkal rincian bantuan Ceko ke Ukraina.

“Saya hanya akan meyakinkan Anda bahwa Republik Ceko membantu Ukraina sebanyak mungkin dan akan terus membantu dengan (menyediakan) peralatan militer, baik ringan maupun berat,” kata Cernochova.

Kendaraan Ceko hanyalah contoh terbaru dari peralatan militer yang datang dari Barat. Jerman menyetujui pengiriman beberapa lusin Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) pada 1 April di tengah kritik bahwa Berlin tidak mengirimkan dukungan militer yang cukup ke Kyiv.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan sekutu NATO akan membahas pengiriman lebih banyak senjata ke Ukraina ketika menteri luar negeri mereka bertemu pada hari Rabu dan Kamis.

(geosiar.com)

Baca JugaSion Sono Sutradara Jepang Diduga Melakukan Pelecehan Seksual