Ketua Pewarta Kunjungi Yayasan Sosial Marga Raja, Ratusan Warga Laksanakan Sembahyang Cheng Beng

by
Ketua Pewarta Kunjungi Yayasan Sosial Marga Raja, Ratusan Warga Laksanakan Sembahyang Cheng Beng

GEOSIAR.COM – Ketua Persatuan Wartawan (Pewarta) Polrestabes Medan, Chairum Lubis, SH mengunjungi tempat sembahyang Cheng Beng di Yayasan Sosial Marga Raja (Ong) Jalan Bambu, Kelurahan Limau Manis, Dusun 12 Tanjung Morawa Km 14,5, Minggu (27/3/2022).

Saat kunjungannya itu, Ketua Pewarta Polrestabes Medan Chairum Lubis, SH didampingi anggota Badransyah disambut Pimpinan Yayasan Sosial Marga Raja (Ong) Acai.

Terlihat ratusan warga keturunan Tionghoa silih berganti melakukan sembahyang Cheng Beng dihadapan makam para leluhurnya dengan tetap mematuhi Prokes yang dianjurkan pemerintah.

Dalam sembahyang Cheng Beng tersebut, mereka juga membawa buah-buahan dan makanan yang disajikan di makam para leluhurnya.

Pimpinan Yayasan Sosial Marga Raja (Ong) Acai mengatakan, sembahyang Cheng Beng ini adalah sebuah budaya masyarakat Tionghoa untuk menghormati para leluhur yang telah pergi mendahului.

Sejak pukul 05.00 WIB, katanya warga keturunan Tionghoa bersama keluarga sudah ramai mengunjungi Yayasan Sosial Marga Raja (Ong) untuk menggelar sembahyang Cheng Beng di makam leluhurnya.

Baca JugaMinggu Berkah, Ketua Pewarta Bagikan Sembako kepada Wartawan dan Warga di Tiga Kecamatan

“Warga yang sembahyang Cheng Beng ini datang tidak saja dari dalam kota tapi juga luar kota, bahkan luar negeri. Tujuannya menghormati arwah para leluhur yang telah meninggal dunia,” sebut Acai.

Dia menjelaskan, sembahyang Cheng Beng ini dilakukan dari 25 Maret sampai 5 April 2022. “Sejak berdiri 2007 lalu, sedikitnya ada 4000 an makam di Yayasan Sosial Marga Raja (Ong) di mana setiap makam dikasih papan nama,” terangnya.

Dia menyampaikan, warga yang tidak mampu meninggal dunia, pihak yayasan memberikan gratis peti mati begitu juga ketika dikremasi. “Kita akan bantu warga yang tidak mampu meninggal dunia sampai kremasinya tanpa dipungut biaya, ” ujar Acai.

Usai acara sembahyang Cheng Beng nanti, lanjut Acai, pihaknya akan menggelar bakti sosial pembagian sembako kepada warga kurang mampu pada 10 April 2022.

Selain itu upacara Sembahyang Chau Tu pada 7 Agustus 2022 yang dipimpin YM. Bhiksu Dharma Virya Mahasthavira.

Dalam kesempatan itu Ketua Pewarta Polrestabes Medan Chairum Lubis, SH diajak Acai ke dalam untuk melihat makam yang sudah tersusun rapi.

(geosiar.com)

Baca JugaKabar Gembira, Pemkab Tapteng Cairkan Iuran Jamsostek bagi 10.000 Pekerja