Marlan: Praja IPDN Harus Mampu Identifikasi Masalah dan Carikan Solusi

by
Marlan: Praja IPDN Harus Mampu Identifikasi Masalah dan Carikan Solusi
Penutupan dan Serah Terima Praja Utama Perseta Praktek Lapangan IPDN/Pemkab Bandung

GEOSIAR.COM – Sebanyak 454 Praja telah selesai melaksanakan praktek lapangan IV bagi satuan Praja Utama Institut Pemerintahan Dalam Negeri IPDN angkatan XXIX dimana sebelumnya selama 19 hari telah disebar ke 85 desa dan 6 kelurahan yang ada di 10 Kecamatan Kabupaten Bandung.

Mewakili Bupati Bandung, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bandung, H. Marlan hadir dalam Penutupan dan Serah Terima Praja Utama Perseta Praktek Lapangan IPDN yang berlangsung di Gedung M. Toha, Jum’at pagi (25/3).

Dalam sambutannya Marlan menyampaikan, kehadiran Praja yang melakukan praktek lapangan di desa-desa dan kelurahan diharapkan bisa melihat dan menganalisa kondisi masyarakat di Kabupaten Bandung secara utuh sehingga bisa jadi bahan kajian di kampus.

“Bagaimana persoalan persoalan yang ada di lapangan bisa menjadi bahan kebijakan selanjutnya karena mungkin saja ada hal-hal yang tidak ditemukan oleh Pemerintah Daerah tapi ditemukan para Praja, sehingga ini bisa menjadi sebuah referensi dalam pengambilan kebijakan regulasi tersebut,” ucap Marlan.

Tak hanya dianalisa, ia berharap semua permasalahan sosial, ekonomi dan budaya yang teridentifikasi para praja bisa dicarikan solusinya.

“Bagaimana menetapkan target yang jelas dan bagaimana membangun komitmen, bagaimana melaksanakan kompetensi, melakukan kontrol atau pengawasan, bagaimana membangun inovasi yang kreatif bagi masyarakat, kolaborasi koordinasi dan komunikasi serta yang lebih penting membangun integritas untuk mendukung terciptanya pemerintah yang baik dan bersih, ” lanjut Marlan.

Sebagai penutup Marlan menyampaikan kepada seluruh Praja bahwa melalui kerjasama Pentahelix para Akademisi diharapkan bisa memberikan solusi untuk pemerintah daerah dalam menghadapi permasalahan yang yang nyata dilapangan, seperti stunting dan banjir.

(geosiar.com)

Baca Juga : Guru Agama SD di Sumut Ditahan Polisi Usai Cabuli 2 Siswi