DPP GPEI Gelar Rakernas di Semarang, Benny Soetrisno: Sumut Penghasil Tertinggi Rempah

by
DPP GPEI Gelar Rakernas di Semarang, Benny Soetrisno: Sumut Penghasil Tertinggi Rempah
Ketua Umum GPEI Pusat Benny Soetrisno (tengah), Ketua DPD Sumut Drs Hendrik Sitompul MM (tiga dari kiri), Bidang Hukum GPEI Pusat Samuel Siahaan (paling kanan), Wakil Ketua DPD GPEI Sumut diantaranya, Condrad Naibaho, Delpius Ginting, Job Purba dan Donsisko Peranginangin. (geo)

GEOSIAR.COM, SEMARANG – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 1 Tahun 2022.

Rakernas DPP GPEI yang dihadiri seluruh DPD se Indonesia diantaranya dari Sumut yang dipimpin Drs Hendrik H Sitompul MM dan stakeholder itu, dilaksanakan di Hotel Metro Kota lama Semarang Jateng, Sabtu (26/3/2022). Rakernas GPEI kali ini membawa tema:

“Rempah Indonesia untuk Dunia”

DPP GPEI Gelar Rakernas di Semarang, Benny Soetrisno: Sumut Penghasil Tertinggi Rempah
Diabadikan bersama seluruh peserta Rakernas GPEI dari seluruh Indonesia.

Ketua Umum GPEI Benny Soetrisno dalam sambutannya mengatakan, melalui Rakernas GPEI para pengusaha UMKM dapat termotivasi naik pangkat menjadi ekaportir. Khususnya para UMKM penghasil rempah, dapat diberi suport.

“Karena tahun 2020, Indonesia peringkat ke-9 tertinggi di dunia ekspor rempah,” kata Benny.

Dari data lanjutnya, pelaku UMKM ekspor rempah ada sebanyak 45 %, sementara permintaan rempah sangat tinggi, karena merupakan bahan utama makanan.

“Jadi, perlu membangun sistem dan logistik, untuk meningkatkan pasar ekspor, sehingga dapat menghasilkan langkah konkrit, untuk menjadi market leader,” katanya.

Serta berharap, buatlah program yang kecil, tapi dapat dilaksanakan, dari pada membuat program program yang besar tapi tidak dapat dilaksanakan.

Begitupun, Benny mengakui, penghasilan dari ekspor rempah pernah mencapai 1,2 miliar dolar per tahun. Dari seluruh Indonesia, lanjutnya, Propinsi Sumut penghasil rempah terbanyak.

Baca JugaPWNU Banten: Masyarakat Komponen Utama dalam Mencegah Virus Radikalisme

“Yaah.., dari Sumatera Utara penghasil rempah terbanyak di Indonesia, diantaranya andeliman, kemenyan dan kapur barus. Tapi pelakunya kebanyakan masih UMKM yang tradisional, sehingga kebanyakan dikemas di Jakarta,” katanya menjawab wartawan.

DPP GPEI Gelar Rakernas di Semarang, Benny Soetrisno: Sumut Penghasil Tertinggi Rempah
Menteri Pertanian saat membuka Rakernas GPEI yang ditandai dengan pemukulan gong.

Rakernas DPP GPEI dengan tema “Rempah Indonesia untuk Dunia” dibuka Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, yang diwakili Dedi Junaidi ditandai dengan pemukulan Gong. Turut hadir, Ketua Dewan Direktur merangkap Dewan Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia Rijani Tirtohyvso, diwakili Gerald G, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan RI Didi Sumedi , diwakili Miftah Hafid.

Menteri berharap, melalui Rakernas GPEI dapat memberi informasi terkait peluang yang akan dieksport. Rakernas juga menjadi momentum peningkatan ekspor 5 tahun kedepan.

Rakernas DPP GPEI dilanjutkan dengan dialog interaktif yang dipimpin Abdul Sobur, yang juga Ketua DPD GPEI Jawa Barat. Pada sesi ini, sejumlah peserta mempertanyakan diantaranya mendapat kesulitan ekspor kopi, terkait sulitnya perizinan, cara agar UKM naik tingkat nasional dan internasional (ekspor). Hingga masalah yang dialami GPEI Jateng, Purwojadi mengatakan, terkait sulitnya ekspor porang dan harga porang yang semakin tak menentu.

Seluruh pertanyaan dan masalah yang terungkap pada sesi dialog interaktif dijawab dengan baik, oleh nara sumber yang hadir saat itu.

Hingga berita ini diterima redaksi Geosiar.com, Rakernas DPP GPEI masih berlangsung dengan materi Pembahasan Program Kerja dan Kegiatan GPEI.

(geosiar.com/cno)

Baca JugaPAC PP Medan Area dan Satu Hati Serta Muspika Gelar Khitan Massal dan Vaksinasi