Polisi Tetapkan 5 Tersangka, Ungkap 1,2 Ton Sabu Jaringan Internasional

by
Polisi Tetapkan 5 Tersangka, Ungkap 1,2 Ton Sabu Jaringan Internasional
Polisi Tetapkan 5 Tersangka, Ungkap 1,2 Ton Sabu Jaringan Internasional

GEOSIAR.COM – Polisi tetapkan 5 tersangka, ungkap 1,2 ton Sabu Jaringan Internasional. Polisi melalui Ditresnarkoba Polda Jabar menetapkan SA, HM, HH, AH, dan MH sebagai tersangka dalam pengungkapan peredaran narkotika jenis Sabu di Pangandaran pada 16 Maret 2022.
Berdasarkan hasil pengembangan, barang bukti yang berhasil diamankan oleh polisi hampir 1,2 ton yang terbungkus dalam 66 karung.

Begitu disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kabupaten Bandung, Kamis (24/3).
“Barang bukti 66 karung yang berisi kotak yang diduga sabu dengan perhitungan kasar berat bruto 1,196 ton,” kata Listyo.

Pengungkapan Sabu yang dipimpin langsung Ditresnarkoba Polda Jabar, AKBP Herry Afandi tersebut merupakan bagian dari jaringan internasional. Selain barang bukti sabu, polisi juga mengamankan barang bukti lain berupa perahu nelayan, enam unit ponsel hingga satu pucuk senjata jenis air softgun.

Baca JugaDigerebek Polsek Patumbak, Penjudi dan Pengedar Sabu Kocar-Kacir Ditangkapi

“Satu pucuk air softgun model Makarov,” ucap Listyo.

Listyo juga mengungkap peran dari para pelaku. Pelaku SA merupakan tersangka yang menerima sabu dari HM.Lalu, HM merupakan tersangka yang berperan sebagai pengendali sabu. Kemudian, MH yang merupakan warga negara asing asal Afghanistan berperan mengawasi proses distribusi sabu dari Iran.

Sementara itu, dua pelaku lainnya yakni HH dan AH merupakan warga setempat yang berperan sebagai sopir sekaligus mengantarkan sabu untuk diedarkan. Lalu, ada seorang lainya berinisial NS sempat diamankan polisi.

Namun, dia kembali dibebaskan karena tak cukup bukti untuk meningkatkan statusnya sebagai tersangka. NS merupakan kekasih dari MH.

“Untuk keterlibatan Saudari NS tidak dapat ditingkatkan ke penyidikan karena kurang cukup alat bukti,” tutur dia.

Akibat perbuatannya, para pelaku disangkakan Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 113 ayat 2 juncto Pasal 114 ayat 2 juncto Pasal 115 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan diancam pidana hukuman mati, seumur hidup atau 20 tahun penjara.

(geosiar.com)

Baca Juga : Persib Bandung Bakal Turunkan Pemain Muda Lawan Persik Kediri