Anggota Komisi VII DPR RI Hendrik Sitompul, Kunker Spesifik ke PT Mikie Oleo Nabati Industri 

by
Anggota Komisi VII DPR RI Hendrik Sitompul, Kunker Spesifik ke PT Mikie Oleo Nabati Industri 

GEOSIAR.COM, JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik ke PT Mikie Oleo Nabati Industri Bekasi Timur, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Kamis (24/3/2022). Hal itu dilakukan terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi Komisi VII DPR RI, khususnya fungsi pengawasan.

Kunjungan kerja spesifik rombongan Anggota Komisi VII, yang dipimpin H. Eddy Soeparno, S.H., M.H, secara khusus adalah, untuk mendapatkan informasi dan melihat secara langsung perkembangan teknologi industri hilir minyak goreng.

Mendapatkan informasi secara langsung terkait mata rantai distribusi, harga dan berbagai persoalan serta kendala yang dihadapi Industri hilir minyak goreng. Serta mendapatkan informasi terkait kontribusi industri minyak goreng pada perekonomina Daerah dan Nasional.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Drs Hendrik H Sitompul MM, yang ikut dalam rombongan Anggota DPR RI Komisi VII, melakukan pertemuan dengan pihak yang terkait di daerah dan meninjau langsung PT Mikie Oleo Nabati Industri, dengan agenda pertemuan dengan Dirjen Agro Industri Kementerian Perindustrian, Direksi/Manajemen PT Mikie Oleo Nabati Industry dan Dinas Perindustrian Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Provinsi Jawa Barat.

Mundurnya SoftBank dari Pendanaan IKN, Kepala Otorita Tak Perlu Terlalu Khawatir

Dalam kesempatan itu, Hendrik Sitompul mempertanyakan, berapa jumlah produk CPO setiap bulan yang digunakan untuk produksi minyak goreng dan produk turunannya. Selanjutnya, produk CPO didapatkan dari mana. Dan pertanyaan yang terakhir, apakah dua distributor sama kepemilikan dengan PT Mikie Naleo Nabati?

Pihak PT Mikie Naleo Nabati langsung memberi jawaban, atas pertanyaan dari Anggota DPR RI Hendrik Sitompul, diantaranya Penggunaan CPO, hanya
80 % tk minyak goreng (kemasan sederhana dan premium) dan 20 % tk produk lainnya.

Baca JugaPolisi Tetapkan 5 Tersangka, Ungkap 1,2 Ton Sabu Jaringan Internasional

Sementara dijelaskan, CPO diperoleh dari:

10 % dari group sendiri dan 90 % dari group lainnya. Dua distributor merupakan satu kepemilikan dengan perusahaan Mikie Oleo Nabati.

“Sasaran dari kegiatan kunjungan kerja spesifik adalah, mendapatkan informasi tentang akar permasalahan persoalan kelangkaan minyak goreng di pasaran, dan mencari solusi optimal agar persoalan serupa tidak terjadi di masa yang akan datang,” kata Hendrik Sitompul.

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI ini, dilakukan dengan tahapan sebagai berikut, persiapan (menghimpun data dan informasi awal sebagai informasi sekunder, koordinasi dengan pihak terkait, dan persiapan administrasi kegiatan).

Pelaksanaan kegiatan, dilakukan pertemuan dengan berbagai instansi dan melihat langsung objek kunjungan. Pelaporan, berisi seluruh rangkaian kegiatan dan hasil kegiatan beserta rekomendasinya.

(geosiar.com/red)

Baca JugaHendrik Sitompul Minta BRIN Selesaikan Permasalahan Petani di Sumatera Utara