Jadi Narasumber UKW, Wakil Ketua KADIN Medan Optimis Terwujud Wartawan Kompeten

by
Jadi Narasumber UKW, Wakil Ketua KADIN Medan Optimis Terwujud Wartawan Kompeten
Wakil Ketua KADIN Medan Optimis Terwujud Wartawan Kompeten

GEOSIAR.COM – Jadi narasumber UKW, Wakil Ketua KADIN Medan optimis terwujud wartawan kompeten. Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Medan M Iqbal Sinaga, optimis Uji Kompetensi Wartawan (UKW) mampu melahirkan wartawan yang profesional, akuntabel dan kompeten.

Hal ini diungkapkan Iqbal, usai menjadi salah satu narasumber UKW yang dilaksanakan di RRI, Selasa (22/03/2022).

“Saya melihat antusiasme dan keseriusan para peserta untuk menjadi wartawan yang kompeten. Karena itu saya melihat akan terwujud wartawan yang profesional, dan terwujud dalam karya-karyanya,” ujar Iqbal, yang hadir mewakili Ketua KADIN Medan Arman Chandra.

Optimisme Iqbal juga seiring dengan apa yang dia lihat dalam pelaksanaan UKW tersebut. Dimana, kata dia, peserta diuji bagaimana menggali fakta, dan menjadikan fakta tersebut menjadi informasi berita kepada khalayak pembaca.

Baca JugaKetum JMSI Bacakan Deklarasi Natuna, Didampingi Gubernur Kepri

“Hal ini tentu sangat positif mengingat tidak jarang kita lihat berita yang kadang kali yang disajikan itu tidak sesuai dengan fakta. Atau bahkan ada judul berita tidak sesuai dengan isi, sehingga terkesan bombastis. Dengan UKW ini, tentu hal itu tidak terjadi lagi,” sebutnya.

Di sisi lain, Iqbal tidak memungkiri bahwa, sebagai profesi yang menghasilkan karya jurnalistik, para pekerja pers juga harus diperhatikan kesejahteraannya. Selain itu, juga perhatian dalam hal keamanan dan keselamatan dalam bekerja.

“Karenanya, saya berharap para pengusaha yang memiliki perusahaan pers hendaknya memperhatikan ini. Sehingga, keinginan semua pihak untuk hadirnya karya jurnalistik yang berdasarkan fakta benar-benar terwujud. Harus disadari yang namanya profesi juga harus dipenuhi hak-hak profesionalnya,” pungkasnya.

Iqbal berharap semua pihak terutama dari instansi pemerintah dan penegak hukum dan lainnya dapat berpartisipasi dan memiliki kontribusi bagi keamanan dan keselamatan Pahlawan Informasi dalam menjalankan tugas profesi jurnalistiknya.

(geosiar.com)

Baca JugaWali Kota Lantik 61 Pejabat Administrator dan Pengawasan di Lingkungan Pemko