Reuni PPSA XXI/2017, Gubernur Lemhannas: Alumni dengan Sosok yang Luar Biasa

by
Reuni PPSA XXI 2017, Gubernur Lemhannas Alumni dengan Sosok yang Luar Biasa
Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto (tengah depan) – berfoto bersama dengan peserta Alumnus PPSA XXI di Gedung Dwi Warna, Lemhannas RI, Sabtu (19/03/2022).

GEOSIAR.COM, JAKARTA – Gubernur Lemhannas, Alumni dengan sosok yang luar biasa. Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto bertanya-tanya soal konten pendidikan yang diberikan kepada para peserta PPSA XXI tahun 2017.

Pertanyaan mendalam ini muncul dalam benak Andi dengan bertumpu pada posisi atau capaian yang diraih oleh alumnus PPSA XXI pada tahun 2022 ini.

Pertanyaan itu dikemukakan Andi dalam acara Reuni Akbar PPSA XXI dengan thema “BACK TO CAMPUSS – Kapan Lagi”  di R. Dwi Warna, Lemhannas RI, Sabtu (19/03/2022).

“Apa yang terjadi di pendidikan Lemhannas tahun 2017 sehingga alumninya betul-betul jadi national strategic leader?,” kata Andi Widjajanto dalam sambutannya.

Gubernur Lemhannas yang baru saja dilantik pada 21 Februari 2022 ini  memandang para alumni PPSA XXI/2017 tersebut terdiri dari sosok-sosok yang luar biasa dan mengabdikan diri di berbagai bidang.

“Jadi saya betul-betul berpikir ada apa di tahun 2017? Apa yang spesial di pendidikan itu dan mengapa PPSA XXI menjadi sangat istimewa?,” ujar Andi sambil menyebutkan nama-nama yang sekarang memegang tampuk pimpinan berbagai institusi seperti Kapolri Jend.

Baca JugaAnggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Hendrik Sitompul Serap Aspirasi Ke Simalingkar B

Listyo Sigit Prabowo, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri; Wakil Ketua KPK Lily Pintauli Siregar hingga beberapa Pangkogabwilahn 1, 2, 3 dan Pangkoopsudnas. Atas dasar itu, dia memandang alumni PPSA XXI/2017 sangat spesial.

Sebelum perayaan reuni, pada Sabtu pagi hingga siang digelar dua Sesi diskusi kebangsaan dengan narasumber dari internal PPSA XXI. Sesi pertama mengambil tema “Sharing Pengabdian Kepada Bangsa dan Negara” dengan menghadirkan Sekjen Kemenhan Marsdya TNI Donny Ermawan, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI M.

Ali, Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baidirus, Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa dan Pangkoopsudna Marsdya TNI Andyawan Martono Putra sebagai narasumber serta dipandu oleh Komjen Pol (Purn) Arif Wachjunadi.

Sementara Sesi Kedua mengambil thema “Harapan Terhadap IKAL PPSA XXI” dengan menghadirkan nara sumber Taprof Lemhannas dan Komisaris PT PLN Komjen Pol (Purn) Heru Winarko,

Pengusaha dan Ketua umum KADIN Babel Thomas Jusman, Ketua Komnas Perempuan Andi Yentriany, Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar, Inspektur Utama Setjen DPR Setyanta Nugraha dan hadir sebagai moderator Brigjen TNI (Mar) Hasanuddin.

Lemhannas dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) yang sering disebut sebagai pendidikan setara bintang dua, merupakan pendidikan tertinggi di Indonesia.

Disinilah para pemimpin nasional selama 5,5 bulan menjadi National Strategic Leader. Sebanyak 81 orang dari berbagai latar belakang  tergabung PPSA  Angkatan XXI tahun 2017.

Selain yang disebutkan di atas para alumnus PPSA XXI tersebar di mana-mana. Mereka adalah Wagub Lemhannas Marsdya TNI Wieko Syofyan, Kasum TNI Letjen Eko Margiyono, Aster Kasad Mayjen TNI Achmad Marzuki, Ir Kostrad Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Pangdam Bukit Barisan Mayjen TNI Daniel Chardin, Pangdam Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, Pangdam Bukit Barisan Mayjen TNI Daniel Chardin, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Achmad Wiyagus, Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, dan Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes.

Baca JugaTim Jatanras Presisi Sat Reskrim Polrestabes Medan Tembak Pelaku Jambret

Selain itu, Deputi BNPT Mayjen TNI Nisan Setiadi, Deputi Penindakan KPK Irjen Pol Karyoto, Danpuspomal Mayjen TNI (Mar) Lukman, Sestama Bakamla Laksda TNI Supriatno Irawan,  Mayjen TNI Heri Wiranto Brigjen TNI Syafrial menduduki posisi di MabesAD dan Mayjen TNI Herianto Syahputra di Mabes TNI,  Laksda TNI Hendrawan Bayu Perwito di Kemenhan dan Laksda Antongan Simatupang sebagai Deputi Menkopolhukam dan Irjen Pol Anang Syarif Hidayat di Mabes Polri.

Beberapa alumnus PPSA XXI pada saat ini juga mengabdikan diri di dunia pendidikan seperti di Lemhannas RI Deputi Pengkajian Reni Mayerni, Deputi Kebangsaan Laksda TNI Prasetya Nugraha, Wakor Taji Laksda TNI Edi Sucipto, Laksda TNI Didik Setiono, Edi Permadi, AM Putut Prabantoro, Edi Permadi dan M. Hanafi.

Sementara di Sesko TNI ada TNI Handy Gerniadi, Kodiklatad Mayjen TNI Kasuri, Brigjen TNI Tri Hartanta Nugraha. Sementara di lembaga pendidikan lain, Abdussy Syakur, Arissetyanto Nugaraha, Lydia Freyani Hawadi, Caturida Meiwanto Doktoralina, Nasfryzal Carlo, Brigjen TNI Nugraha Gumilar, Sardjana, Sugeng Suharto, Ratnawati, Udin, Askari Razak, Slamet Suharto, Mohammad Teguh. Lily Wasitova,  Adji Hoesodo, Taufik Dwicahyono, Cris Kuntadi, Gumilar Rusliwa Somantri, Ferry Sumardi dan Anang Sutono. PPSA XXI juga berkiprah di berbagai insitusi Lina SE (Pengusaha) dan Adib M di Kemenag. Ampmori

Ada beberapa anggota PPSA XXI yang telah memasuki purna bakti yakni Letjen TNI Madsuni, Mayjen TNI Yoseph Puguh, Marsdya TNI Tatang Herlyansyah, Marsda TNI Suparmono, Mayjen TNI Hipdizah, Mayjen TNI Suharyanto, Hamid Ponco dan Brigjen TNI Achamd Sudarsono.

(geosiar.com)

Baca JugaPertamina Foundation Buka Beasiswa S1, Dapat Uang Kuliah dan Biaya Hidup