Connect with us

Kesehatan

Yaspen Mitra Sejati Akbid Kartika Mitra Husada Laksanakan PKKMB

Published

on


Medan, Geosiar.com,- Yayasan Akademi Kebidanan (Akbid) Kartika Mitra Husada bertekad akan mewujudkan mahasiswa/i yang bermartabat, beretika dan handal.

Hal itu dikatakan Pembina Yayasan Akbid Kartika Mitra Sejati Prof dr. H. A. Hanafie Sp. An, KIC, KAO saat memberikan sambutan pada pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Akbid Kartika Mitra Husada sekaligus pengukuhan mahasiswa baru di Aula Lantai 5 RS Mitra Sejati Medan, Rabu (12/1/2022).

Dalam mewujudkan itu, pihaknya akan mendidik mahasiswa/i baru ini tentang bagaimana beretika yang baik. Karena salah satu kurikulum dalam pendidikan adalah tentang beretika.

Hal ini bertujuan agar nantinya selepas dari pendidikan ini betul-betul selain profesional dalam ilmu dan administrasi lainnya sebagai akademisi kebidanan juga mempunyai moral yang baik dan bertanggungjawab terhadap pasien-pasien.

Selain itu pihaknya juga akan menambah kemampuan berpikir, bersosialisasi, dan komunikasi mahasiswa/i Akbid Kartika Mitra Sejati.

Ke depan dia berharap mahasiswa/i Akbid semakin bertambah dan mampu menghasilkan para akademisi kebidanan ini untuk meningkatkan pelayanan khususnya di Sumut.

Dia juga mendoakan semoga pekan orientasi PKKMB ini berlangsung dengan lancar dan selesai tepat waktu. “Saya sebagai panasihat dan Direktir RS Mitra Sejati sangat mendukung proses pendidikan ini. RS Mitra Sejati betul-betul menjadi mitra dari berlangsungnya pendidikan ini sehingga mendapat bekal ilmu teori dan praktik, ” tandasnya.

Mewakili Ketua Yayasan Akbid Kartika Mitra Husada Kartar Singh, SE menceritakan sejumlah program yayasan. Ada berkeinginan dulunya melaksanakan pendidikan.

“Namun progra. itu tertunda, karena harus membesarkan dulu RS Mitra Sejati, setelah besar dan mampu untuk melaksanakan pendidikan barulah kita mulai. Sekaranglah saatnya kita mulai, meskipun dalam situasi pandemi, ” ungkap pengawas yayasan.

Dia menyebutkan, program ini bukan berhenti sampai disini saja. Dari mulai Akbid akan ditingkatkan menjadi StiKes. Beberapa Prodi akan ditingkatkan. Beberapa tahun mungkin akan ditingkatkan menjadi Universitas. “Lahannya sudah ada, tidak jauh dari RS Mitra Sejati, ” ucapnya.

Cara pendidikannya juga, tambahnya yayasan akan dilanjutkan dengan bekerja sama dengan luar seperti Malaysia dan India. “Kerja sama ini tentang studi banding dan lainnya, ” ujarnya.

Sementara Direktur Akbid Kartika Mitra Husada Ester Selfia Napitupulu SST M. Kes menjelaskan, Akbid ini berdiri tahun 2003 di Jakarta telah meluluskan 10 angkatan. Pada tahun 2021, Akbid ini diambil alih Yayasan Pendidikan Mitra Sejati dengan Akreditasi B.

Di mengimbau kepada mahasiswa agar semangat belajar menuntut ilmu setinggi-tingginya karena pendidikan kebidanan ini tidak begitu lama hanya 3 tahun.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang mempercayakan anaknya menempuh ilmu di Akbid Kartika Mitra Husada ini, ” sebutnya sembari memperkenalkan SDM dosen dan staf pendidikan serta memaparkan sarana dan prasarana yang ada. (rel/red)